Warga Desa Teluk Melintang Tangkap Buaya Besar Ukuran 5 Meter di Kebun Sawit

Warga Desa Teluk Melintang Tangkap Buaya Besar Ukuran 5 Meter di Kebun Sawit

Warga Desa Teluk Melintang Tangkap Buaya Besar Ukuran 5 Meter di Kebun Sawit-Arief Rizal-JambiTV

Jambitv.co, Tebo Warga Desa Teluk Melintang Kecamatan Serai Serumpun Kabupaten Tebo, menangkap buaya muara berukuran besar sepanjang 5 meter. buaya tersebut ditemukan di salah satu kebun sawit warga pada Rabu 13 Maret 2024.

Puluhan warga langsung mengingkat bagian mulut Buaya lalu dililitkan ke batang sawit. Camat Serai Serumpun, Fatimah mengatakan, Buaya dengan panjang 5 meter dan lebarnya seperti sapi dewasa ini awalnya ditemukan oleh Kusnadi saat hendak beraktifitas di kebun.

Kusnadi yang terkejut langsung melapor ke Kadus dan warga lainnya. Warga pun beramai-ramai menangkap Buaya besar ini. 

“Pak Kusnadi ini akan memanen sawit di kebunnya. Ternyata begitu sampai di kebun menemukan ada Buaya disitu. Kemudian Pak Kusnadi segera menghubungi Pak Kadus dan warga lainnya,” ujar Fatimah, Camat Serai Serumpun. 

BACA JUGA:Warga Terusan Tangkap Seekor Buaya di Dalam Sumur

Buaya tersebut diduga masuk ke kebun sawit saat Sungai Batanghari meluap dan banjir melanda Kabupaten Tebo. Pihak Kecamatan telah menghubungi BKSDA Jambi untuk membantu evakuasi buaya tersebut. Warga Serai Serumpun diimbau agar tetap waspada akan binatang buas pasca banjir ini.

Setelah diamankan warga Desa Teluk Melintang, Buaya sepanjang 5 meter tersebut dievakuasi oleh warga bersama Badan Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Jambi.

BACA JUGA:Teror Buaya di Sungai Duren, Warga Tangkap 1 Ekor Buaya Katak yang Meresahkan

Plh Kepala Seksi Konsevasi Wilayah II, Rendi mengatakan, rencananya buaya akan diletakkan di tempat perawatan satwa atau TPS Aur Duri Mendalo Jambi. Buaya tersebut akan diperiksa terlebih dahulu oleh dokter, untuk memastikan keadaannya usai ditemukan dan di tangkap warga.

Jika sehat, buaya akan dilepas ke habitatnya yang jauh dari pemukiman warga berdasarkan kajian lapangan sebagai areal pelepasliaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id