Manfaatkan KUR BRI, Dapat Rp 500 Juta Kembangkan Usaha Rempeyek hingga Masuk Ritel Nasional

Manfaatkan KUR BRI, Dapat Rp 500 Juta Kembangkan Usaha Rempeyek hingga Masuk Ritel Nasional

Zaitun saat berfoto bersama Bapak Luhut -Agus tri-Jambitv

Jambitv.co, JAMBI - KUR BRI telah memberikan banyak manfaat khususnya bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Begitu banyak pengusaha kecil terbantu dan dapat mengembangkan usaha mereka melalui dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI 

Apalagi, bunga yang diberikan kepada pelaku UMKM sangat kecil. Sehingga tidak memberatkan bagi pelaku UMKM dalam membayar cicilan setiap bulannya.

Salah satu pelaku UMKM di Kota Jambi yang merasa sangat terbantu dengan adanya KUR BRI ini adalah Zaitun Zakaria, pemilik usaha Rempeyak Ilham.

Usaha yang sudah dirintis sejak 2004 ini semakin berkembang dengan pesat. Apalagi setelah adanya bantuan dana KUR dari BRI, kini usaha rempeyek bisa dipasarkan hingga Sumatera Selatan, Riau hingga Lampung.

Dikatakan Zaitun bahwa ketika memulai usaha, dirinya baru berani bersentuhan dengan pembuatan bank pada 2012 dengan modal Rp 100 juta. "Pada saat itu belum ada KUR dan pembiayaan saya di BRI Syariah. Melakukan modal awal itu saya terus mengembangkan usaha saya,"bebernya.

Menurut Zaitun, rumah produksi yang beralamat di Jalan. Prof. M. Yamin lorong Teladan No. 58 RT 31 Kota Jambi ini semakin maju pesat setelah dirinya mendapatkan dana bantuan KUR BRI bahkan disetujui hingga Rp 500 juta yang didapatnya di tahun 2022.

"Saya sangat bersyukur sekali bahwa usaha saya bisa mendapatkan bantuan KUR BRI hingga Rp 500 juta. Dana KUR ini saya dapatkan di bulan 11 tahun 2022 lalu untuk pengembangan usaha saya,"jelasnya.

Awalnya, perempuan yang akrab disapa Ayuk Atun ini tidak menyangka bisa mendapatkan bantuan KUR BRI sebesar itu. Bahkan, dirinya khawatir tidak bisa membayar cicilan. Namun, atas semua kerja kerasnya, BRI akhirnya bisa mempercayainya untuk mengelola dana sebesar itu.

"Manfaat yang saya rasakan atas bantuan dana KUR dari BRI ini luar biasa bagi saya. Saya bisa menambah rumah produksi dan juga bisa masuk ritel Alfamart dan Indomaret. Sebab, untuk masuk ritel berskala nasional ini kita harus punya modal yang besar. Dengan modal yang diberikan KUR BRI ini sangat terasa manfaatnya bagi saya,"ujarnya.

Perempuan ramah ini mengaku dana KUR BRI sebesar Rp 500 juta tersebut dibelikan bangunan baru berupa bedang seharga Rp 165 juta. Juga untuk membeli tambahan peralatan dan juga pengembangan pemasaran produk hingga ke luar Provinsi Jambi.

"Melalui uang KUR BRI tersebut,saya juga bisa menambah rumah produksi menjadi lebih banyak, membeli peralatan baru yang lebih canggih hingga pengembangan usaha ke luar Provinsi di pulau Sumatera. Uang tersebut juga saya terus putar untuk membeli bahan bahan pembuatan rempeyek yang harus distok setiap minggunya,"ujarnya.

Dikatakannya bahwa BRI juga memberi berbagai kemudahan dan bunga yang kecil untuk pengusaha UMKM dalam mengembangkan produk. 

"Setelah saya hitung hitung juga bunga nya sangat kecil yang artinya benar benar membantu kami para pengusaha kecil untuk mengembangkan usaha,"jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: