Cuaca Ekstrem di Bungo Sebabkan Jalan Nasional Terendam dan Tertutup Pohon Tumbang

Cuaca Ekstrem di Bungo Sebabkan Jalan Nasional Terendam dan Tertutup Pohon Tumbang

Cuaca Ekstrem di Bungo Sebabkan Jalan Nasional Terendam dan Tertutup Pohon Tumbang-Arief Rizal-JambiTV

Jambitv.co, Bungo Tingginya curah hujan di Kabupaten Bungo membuat beberapa titik jalan nasional Jambi-Padang tergenang banjir. Selain itu, angin kencang juga menumbangkan pohon besar yang menutup akses jalan. 

Akses jalan nasional Jambi – Padang, tepatnya di km 54 dan km 60 putus akibat banjir luapan sungai tukum pada minggu pagi 25 Februari 2024. Warga setempat dan personel Polsek Jujuhan pun turun tangan untuk membersihkan pohon yang menutup jalan dengan menggunakan parang dan gergaji mesin sainso. 

BACA JUGA:Banjir di SD Negeri 16 Pulau Mentaro Belum Surut, Siswa Masih Belajar Daring

Anggota Polsek Jujuhan, Bripka Dedi mengatakan, akibat banjir luapan sungai Tukum dan pohon tumbang, kendaraan dari arah Padang maupun sebaliknya macet sepanjang 5 sampai 6 kilometer. Menurutnya, kabupaten Bungo khususnya di kecamatan Jujuhan memang sering diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. 

BACA JUGA:Jalan Masih Terendam Banjir dan Berlumpur, Pengendara Terpaksa Sewa Perahu

“Luapan air sungai dari Tukum 2 itu meluap sampai ke jalan. Kemacetan sekarang kurang lebih 5-6 kilo. Pohon ini tumbang saat hujan dan angin kencang, 2 pohon sudah kita tebang dengan parang. Nanti juga kita akan pakai sainso. Untuk sementara kendaraan kita stop dulu sementara karena situasi di Tukum 2 jalan juga ditutup oleh warga,” ujar Bripka Deddy.

Selain menggenangi jalan nasional, luapan sungai Tukum juga menyapu rumah Sukur warga Kampung Tukum Dua, dusun Sirih Sekapur. Rumah Sukur ambruk, beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Hanya saja kerugian materil mencapai puluhan juta rupiah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv.disway.id