RSJ Daerah Jambi Siapkan Kamar untuk Caleg Gagal dan Depresi di Pemilu 2024

RSJ Daerah Jambi Siapkan Kamar untuk Caleg Gagal dan Depresi di Pemilu 2024

RSJ Daerah Jambi Siapkan Kamar untuk Caleg Gagal dan Depresi di Pemilu 2024-Nur Pehatul Jannah-JambiTV

Jambitv.co, Jambi - Meski pemilihan umum serentak baru akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang, namun rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJ) Jambi, telah menyiapkan layanan dan kamar bagi calon legislatif (caleg)  gagal  dan depresi, yang memerlukan layanan rehabilitasi.

BACA JUGA:259 ODGJ Masuk Dalam Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Provinsi Jambi telah menyiapkan layanan dan ruangan untuk perawatan bagi calon anggota legislatif pada Pemilu 2024, yang mengalami gejala gelisah, frustasi, depresi hingga gangguan kejiwaan. 

BACA JUGA:Masa Kampanye 75 Hari, Peserta Pemilu 2024 Dilarang Melakukan Hal Berikut Ini!!!

Direktur RSJ Daerah Jambi Iwan Hendrawan  mengatakan,  pihaknya selalu mempersiapkan layanan konsultasi dan ruangan perawatan. Meskipun dari beberapa tahun penyelenggaraan pemilu, belum pernah ada kasus caleg gagal yang mengalami gangguan kejiwaan. 

Hal ini karena mayoritas caleg yang mengalami gejala, akan melakukan konsultasi langsung ke tempat praktek atau psikolog.  Meskipun begitu, RSJ Daerah Jambi tetap menyediakan layanan konsultasi  hingga bimbingan rohani. 

BACA JUGA:5.237 Tahanan di Provinsi Jambi Siap Gunakan Hak Suara Pemilu 2024

“Untuk pasien yang memiliki gejala gelisah atau frustasi, memang standar kita sudah ada kamar yang disiapkan. Tidak ada perlakuan khusus, semua sama saja. Tapi berdasarkan data kita dari 5 tahun lalu, tidak ada yang masuk ke kita. Siapapun yang mengalami frustasi biasanya langsung konsultasi ke psikolog,” ujar Iwan.

Iwan juga mengatakan, untuk perawatan RSJ Daerah Jambi menyiapkan 260 kamar dimana 160 di antaranya merupakan ruang rawat kejiwaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: