5 Cara Cepat Mendapatkan Uang Darurat dan Tips Menata Keuangan Darurat Keluarga

5 Cara Cepat Mendapatkan Uang Darurat dan Tips Menata Keuangan Darurat Keluarga

5 Cara Cepat Mendapatkan Keuangan Darurat dan Tips Menata Keuangan Darurat Keluarga-ahsanjaya-pexels

Jambitv.co, Jambi – Dalam menata keuangan keluarga, penting untuk mempersiapkan keuangan darurat. Karena kebutuhan keuangan tidak sepenuhnya dapat diprediksi, dengan mempersikan keuangan darurat akan menjadi solusi keuangan disaat kondisi sangat terdesak dan membutuhkan uang instant.

Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuangan dengan cepat dalam kondisi darurat :

BACA JUGA:7 Cara Mengetahui Kondisi Keuangan Keluarga dan Cara Mewujudkan Keuangan Keluarga yang Sehat

1. Jual barang yang tidak terpakai

Keluarga biasanya memiliki banyak barang yang tidak lagi digunakan seperti elektronik, perhiasan, dan barang koleksi lainnya. Jual barang-barang tersebut secara online atau langsung untuk mendapatkan uang tunai cepat.

2. Pinjam uang online

Saat ini banyak fintech peer-to-peer lending yang menyediakan pinjaman uang online dengan proses cepat dalam hitungan hari saja. Platform pinjaman daring seperti Modalku, Kredit Pintar, atau Maude bisa menjadi pilihan.

3. Tarik dana investasi 

Jika memiliki investasi reksadana, saham, atau emas, keluarga bisa menarik sebagian dananya untuk dijadikan modal usaha atau memenuhi kebutuhan mendesak lainnya.

4. Sewakan rumah/kendaraan

Untuk keluarga yang memiliki aset properti atau kendaraan lebih dari satu, menyewakannya adalah solusi mendapatkan uang tunai dengan cepat tiap bulannya.  

5. Jadi driver ojek daring 

Solusi praktis lainnya adalah bergabung bersama ojek daring seperti Gojek atau Grab sebagai driver untuk mendapat orderan sewa kendaraan atau pengantaran barang setiap harinya. Fleksibilitasnya cukup tinggi.

Pilihlah opsi yang paling efisien dan sesuai kondisi keluarga saat ini, jangan terlalu memaksakan diri jika opsi mendaptakan keuangan darurat tidak pas dengan kondisi kita. Pikirkan cara lain agar tetap mendapatkan keuangan darurat dengan tidak menimbulkan masalah yang lebih fatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: