Pemkab Muaro Jambi Gelontorkan Dana Rp 1,1 Milliar Untuk Parpol

Pemkab Muaro Jambi Gelontorkan Dana Rp 1,1 Milliar Untuk Parpol

Pemkab Muaro Jambi Gelontorkan Dana Rp 1,1 Milliar Untuk Parpol-Yasri Nurhadi-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, MuaroJambi -  Anggaran sebesar Rp 1,1 miliar disiapkan Pemkab Muaro Jambi untuk parpol yang mendapat kursi pada pemilu 2019 lalu. Nilai yang diterima oleh masing-masing parpol berbeda, sesuai dengan perolehan suara sah.

Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi pada APBD tahun anggaran  2023, telah menyiapkan  anggaran untuk bantuan kepada partai politik yang mendapat suara pada pemilu 2019 lalu. 

BACA JUGA:Lima Parpol Ajukan Pembuatan Rekening Khusus Dana Kampanye

Bantuan tersebut diberikan kepada 9 parpol dengan suara terbanyak, diantaranya PDI Perjuangan, Demokrat, PKB, PAN, Golkar, Gerindra, Nasdem, P3 dan PKS. 

Kepala kantor Kesbangpol Muaro Jambi Kemas Ismail Azim mengatakan, nilai yang diterima masing-masing parpol berbeda, sesuai dengan perolehan suara sah. 

BACA JUGA:Parpol Masih Bisa Mengganti Bacaleg Meski DCS Pileg 2024 Telah Ditetapkan

Dimana untuk satu suara mendapat bantuan Rp 5.422, sedangkan secara keseluruhan bantuan dana parpol tersebut mencapai Rp 1,1 miliar. 

Bantuan dana dari APBD Muaro Jambi ini, 60 persennya dapat digunakan untuk peningkatan pendidikan dan kesadaran politik masyarakat. 

“Kalau keseluruhan Rp 1,1 miliar terdapat 9 parpol, per parpol itu dia bervariasi tergantung perolehan suaranya. Jadi per suaranya itu Rp 5.422. Bantuan itu digunakan 60 persen untuk kegiatan pendidikan kemudian sisanya itu administrasi parpol dan lain-lain.” jelas Kemas Ismail Azim.

Kemas menegaskan, dalam waktu dekat anggaran hibah tersebut akan disalurkan kepada 9 partai politik. Untuk penyaluran bantuan sendiri, melalui bank 9 Jambi yang langsung diterima parpol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: