Gubernur Al Haris Minta Tindak Tegas Pelaku Kasus Kebakaran Lahan

Gubernur Al Haris Minta Tindak Tegas Pelaku Kasus Kebakaran Lahan

Gubernur Al Haris Minta Tindak Tegas Pelaku Kasus Kebakaran Lahan-Peha-Jambitv

Jambitv.co, Kota Jambi -  Gubernur Jambi Al Haris merespon terkait Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Provinsi Jambi, yang masih terjadi. Bahkan Hingga awal bulan Oktober Tahun 2023, luas kebakaran lahan mencapai 1.157 Hektare. 

Kemudian dari ribuan hektar kebakaran lahan ini telah dilakukan upaya penegakan hukum, dimana sebanyak 12 orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Gubernur Al Haris pun meminta Satgas dan aparat penegak hukum. Untuk terus menindak tegas pelaku kasus kebakaran lahan untuk kepentingan pribadi.

“Kalau ada yang melanggar dengan sengaja kita memang minta APH menindak tegas itu aja intinya. Agar nanti jadi pelajaran, karena ada oknum yang sengaja membakar bakar itu. Sudah ada yang di tahan di Polda saya lupa jumlahnya ada 4 atau 5 orang,” Kata Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris Menilai Tim satgas dan Aparat Penegak Hukum, sangat tanggap dalam menangani persoalan kebakaran lahan. Serta konsisten dalam mengantisipasi dan mengendalikan bencana kebakaran hutan dan lahan maupun asap dampak karhutla.

"Sejauh ini penanganan Kebakaran lahan di Jambi cukup baik dan terkendali. Hal tersebut pun diakui oleh pemerintah pusat yang menilai penanganan karhutla di Jambi cukup terkendali," Tambah Al Haris.

Kemudian di sisi lain, sebagai bentuk komitmen dalam penanganan kebakaran lahan. Gubernur Al haris mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi telah menambahkan alokasi anggaran sebesar 2 Miliar rupiah untuk penanganan Karhutla.

Kebakaran lahan di Provinsi  Jambi juga sempat menjadi perhatian dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurrahaman. Bahkan Gubernur Al Haris Mendampingi Langsung KASAD Meninjau lahan yang terbakar di muaro jambi.

Tidak hanya meninjau kebakaran lahan saja, bahkan KASAD bersama Gubernur Al Haris. Juga turun Langsung melakukan proses pemadaman api Kebakaran hutan dan lahan.

Dalam mengantisipasi Kebakaran Lahan terus terjadi karena provinsi jambi masih dilanda musim kemarau panjang. Provinsi jambi juga mengajukan teknologi modifikasi cuaca atau TMC yang diajukan kepada BNPB dan KLHK. Dan upaya ini membuahkan hasil, dimana sejumlah wilayah sudah ada yang turun hujan.

Selain itu, Gubernur Al Haris dan jajaran Pemerintah Provinsi Jambi, Tidak hanya fokus dalam penangan kasus kebakaran lahan saja. Namun juga mengatasi dampak karhuta itu sendiri, yakni kabut asap.

Dimana saat kabut asap kebakaran lahan pekat di Provinsi Jambi, Gubernur Al Haris Langsung mengeluarkan surat edaran. Untuk meliburkan siswa di sekolah dan melakukan belajar secara Online. Tindakan ini diambil oleh Gubernur Al Haris, Agar Kabut Asap tidak berdampak pada kesehatan anak anak.

Gubernur Al haris Berharap, kasus kebakaran lahan di Provinsi Jambi Saat ini dapat teratasi. Agar tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: