Penderita ISPA di Tebo Meningkat, Bertambah 1.618 Orang Dalam 20 Hari

Penderita ISPA di Tebo Meningkat, Bertambah 1.618 Orang Dalam 20 Hari

dokter Riana Elizabeth, Kepala Dinas Kesehatan Tebo Bicara Tentang Penderita ISPA di Tebo Meningkat-Arief Rizal-JambiTV

Jambitv.co, Tebo – Jumlah Penderita ISPA di Tebo mengalami peningkatan yang signifikan. Data dari Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Tebo, jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA pada awal Oktober 2023 telah mencapai 19.119 orang.

Kenaikan signifikan jumlah pasien ISPA ini terjadi sejak pertengahan September 2023. Dimana pada tanggal 15 September 2023 tercatata ada 17.501 pasien ISPA. Sedangkan pada awal Oktober telah bertambah 1.618 orang menjadi total penderita ISPA mencapai 19.119 orang. 

Kenaikan kasus ISPA ini disebabkan kondisi cuaca yang memburuk, seperti kabut asap yang sempat parah dalam dua pekan terakhir.

BACA JUGA:Per September 2023, Kasus ISPA di Muaro Jambi Mencapai 1.255 Kasus

Merespon peningkatan kasus ISPA ini, Kepala Dinas Kesehatan Tebo dokter Riana Elizabeth mengatakan, meskipun terjadi kenaikan jumlah penderita ISPA namun untuk penderita dalam kategori berat belum ditemukan. Bahkan Riana menyebut peningkatan kasus ISPA ini belum signifikan.

“Sejauh ini tidak ada kondisi pasien ISPA kategori berat, hanya batuk pilek, peningkatannya juga tidak signifikan,” tukas Riana Elizabeth.

Riana juga mengklaim, saat ini stok  obat ISPA dan juga oksigen masih aman tersedia di gudang obat. Masyarakat Tebo juga dihimbau tidak perlu khawatir dengan ketersediaan obat dan upaya penanganan medis yang telah disiapkan.

BACA JUGA:2.400 Warga Sarolangun Terserang ISPA

Sementara itu, informasi dari Pemerintah Provinsi Jambi, udara di Jambi masih dalam keadaan tidak sehat. Meski demikian, kegiatan belajar dan mengajar atau KBM sudah mulai dilaksanakan seperti biasa. 

Terkait kondisi ini, Riana Elizabeth menyarankan agar masyarakat mengurangi kegiatan di luar ruangan. Namun jika terpaksa harus keluar ruangan, maka harus menggunakan masker dan juga memperbanyak minum air putih. 

“Batasi lah aktivitas fisik diluar rumah, kalaupun harus beraktifitas diluar rumah gunakanlah masker, dan yang paling penting banyaklah minum air putih. Ketika tenggorokan sudah mulai merasa kering, perih, maka banyaklah minum air putih, konsumsi buah-buahan dan istirahat dalam jumlah yang cukup,” pesan Riana. 

Terkait kondisi pencemaran udara di Kabupaten Tebo terbaru, dari laman website iqair.com, menunjukkan kualitas udara di Tebo masih dalam kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Indek pencemaran udara di Tebo pada Senin Pagi, 16 Oktober 2023 mencapai 134 AQI US dengan Polutan utama PM 2.5 dikali 9.8 nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

BACA JUGA:Berikut Langkah Penting Mencegah ISPA, Untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambitv