Kebakaran Lahan di Sumber Jaya, Lahan Mineral Seluas 3 Ribu Meter Terbakar

Kebakaran Lahan di Sumber Jaya, Lahan Mineral Seluas 3 Ribu Meter Terbakar

Kebakaran Lahan di desa sumber Jaya Kabupaten Muaro Jambi-Yasri-Jambitv

Jambitv.co, Muaro Jambi - Kebakaran lahan kembali terjadi di Muaro Jambi. Kali ini api melahap lahan mineral persawahan yang tidak lagi digarap di Desa Sumber Jaya Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi Hangus terbakar.

Kebakaran Lahan Terjadi karena kondisi lahan yang kering, membuat api mudah menjalar sehingga membakar lahan mineral mencapai 30 tumbuk atau 3 ribu meter persegi. Yang berlangsung dari pagi hingga siang hari.

Dengan kondisi angin yang kencang membuat tim satgas darat kewalahan untuk memadamkan api kebakaran lahan.

PLT Kalaksa BPBD Muaro Jambi Alias mengatakan, dalam proses pemadaman api Kebakaran lahan, tim satgas darat di bantu oleh satgas udara, dengan satu unit heli water bombing. setelah berjibaku hampir 4 jam, akhirnya kobaran api di lahan mineral berhasil dipadamkan.

“Laporan sehingga kemarin sudah dibantu dengan Water Bombing disamping satgas darat dan alhamdulillah sampai sore bisa kita atasi sendiri mungkin begitu dan tidak meluas kemana-mana, lahan sebenarnya itu persawahan cuma ada area persawahan yang sudah tidak di garap sehingga memang adanya tumbuh rumput yang ilalang yang sifatnya kering sehingga ketika ada pecikan menimbulkan potensi yang memungkinkan untuk terjadinya kebakaran lahan,” Ujar Alias Kalaksa BPBD Muaro Jambi.

Sejauh ini tim satgas karhutla masih melakukan penyidikan penyabab kebakaran lahan, dan mencari siapa pemilik lahan persawahan yang terbakar pada Rabu kemarin.

Tim satgas kembali mengingatkan kepada warga, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, mengingat kondisi Muaro Jambi masih mengalami kekeringan. Dan sangat rentan sekali terjadi kebakaran lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: