Dari 207.214 warga Batanghari, baru 2.558 Warga Sudah Terdaftar IKD

Dari 207.214 warga Batanghari, baru 2.558 Warga Sudah Terdaftar IKD

Dari 207.214 warga Batanghari, baru 2.558 Warga Sudah Terdaftar IKD-Pirdana Atrio-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Batanghari - Disamping proses penerbitan dokumen kependudukan secara fisik, Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari saat ini juga tengah gencar menjalani program Identitas Kependudukan Digital atau IKD. Saat ini, sudah ada sekitar 2.558 orang yang terdaftar. 

Tidak hanya melakukan proses penerbitan dokumen kependudukan secara fisik. Akan tetapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batanghari, saat ini juga tengah gencar menerapkan Identitas Kependudukan Digital atau IKD. Dalam proses ini, setidaknya terdata 2.558 orang yang terdaftar dalam aplikasi digital melalui smartphone.

Pelaksana tugas Dinas Dukcapil Kabupaten Batanghari, Reflizer mengatakan, bahwa identitas kependudukan digital ini, merupakan program yang telah dicanangkan pihak pemerintah pusat. Program ini sebagai transformasi penerapan teknologi informasi, dan komunikasi mengenai digitalisasi kependudukan. Yakni untuk mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik.

“Itu adalah identitas penduduk baik itu KTP, Kartu Keluarga, atau data - data lainnya didalam genggaman. Artinya didalam aplikasi yang ada di ponsel nanti akan didaftarkan atau diaktivasi identitas kependudukan ini di kantor capil ini. Dan di kecamatan bisa di pelayanan kecamatan yang anak - anak merekan KTP itu pun bisa,” ucap  Reflizer. 

Meski sudah ribuan orang yang terdaftar dalam sistem aplikasi secara digital ini. Namun Reflizer mengaku jumlah tersebut masih terbilang sangat sedikit, atau hanya sekitar 1 persen lebih dari total 207.214 orang warga di Kabupaten Batanghari yang telah memiliki dokumen kependudukan. Baik itu berupa E-KTP, Kartu Keluarga, dan jenis dokumen lainnya yang akan diarahkan untuk terdata dalam identitas kependudukan digital tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: