Dampak Kemarau, Warga Seberang Kota Jambi Kesulitan Air Bersih

Dampak Kemarau, Warga Seberang Kota Jambi Kesulitan Air Bersih

Dampak Kemarau, Warga Seberang Kota Jambi Kesulitan Air Bersih-Agustri-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, KotaJambi - Warga Seberang Kota Jambi mengalami kesulitan air bersih akibat musim kemarau. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga harus menampung air bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Jambi.

Kemarau panjang yang terjadi di Kota Jambi membuat sebagian wilayah Kota Jambi mengalami kekeringan. Warga mengaku sudah lebih dari satu pekan ini, mengalami kesulitan mendapat pasokan air bersih. 

Selain air PDAM yang mulai terganggu, sumur-sumur warga juga banyak yang mengalami kekeringan. Untuk mendapatkan suplay air bersih, warga kini bergantung pada suplai air bantuan Pemerintah Kota Jambi melalui Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi.

“Terkait keluhan kami ini memang sudah beberapa hari itu macet air, terutama pas dibutuhkan dari jam 8 malam, kadang masuk jam 10 malam. Seperti malam tadi jam 11, jadi kita terbatas dapat air. Dengan adanya ini kita sudah termasuk terbantu lah untuk sementara ini, mungkin kedepannya kita belum tau. Sumur ada, cuma yang pakai 5 orang, jadi air disitu jaraknya setengah meter tidak cukup.” ujar Santo. Warga Mudung Laut.

“Kering tidak ada sama sekali, sumur kering karena kemarau ini. Hal ini terjadi sudah 2 mingguan. Untuk bantuan air bersih ini gratis dan air PDAM itu idak jalan dari seminggu yang lalu air sungai juga kotor untuk digunakan.” pungkas Masita, Warga Arab Melayu

Terganggunya penyaluran air PDAM ke rumah rumah warga, diakui DIrut Perumdam Dwike Riantara akibat pasokan air yang terganggu. Menurut Dwike, debit air sungai membuat intake yang ada di kawasan seberang tidak dapat bekerja penuh. Dan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, warga dapat menghubungi hotline bantuan air bersih 0821-2121-9692.

“Kalau hari ini Kamis, 12 Oktober 2023 ada 16 titik permintaan dan kita mulai jalankan dari pagi sampai nanti jam 6 sore. Jadi ada di wilayah Jambi Kota Seberang 13 titik, 3 titik lainnya di Kelurahan Lingkar Selatan. Jadi inikan sebetulnya dampak kemarau yang bukan hanya menimpa pelanggan Tirta Mayang tapi juga masyarakat Kota Jambi secara keseluruhan, baik yang pelanggan mau pun bukan pelanggan itu kita berikan bantuan.” Ujar Dwike Riantara, Dirut Perumda. Tirta Mayang.

Ditambahkan Dwike, selama sebulan kebelakang, PDAM telah menyalurkan lebih dari setengah juta liter air bersih, dengan rata rata penyaluran 50 hingga 60 ribu liter perhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: