Pasca Diguyur Hujan, Kualitas Udara di Batanghari Membaik

Pasca Diguyur Hujan, Kualitas Udara di Batanghari Membaik

Pasca Diguyur Hujan, Kualitas Udara di Batanghari Membaik (Foto : Pirdana Jambitv)--

Jambitv.co, Batanghari - Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Batanghari pada Senin siang (09/10/2023) kemarin. Sangat berpengaruh terhadap kondisi kualitas udara yang tercemar kabut asap. Sebab dari hasil pantauan pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Laboratorium Lingkungan Hidup daerah setempat, kualitas udara telah dinyatakan membaik pasca diguyur hujan.

 

Kondisi ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari, Zamzami. Bahwa Nilai Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), yang sebelumnya dalam kategori tidak sehat. Sudah menurun signifikan.

 

“Hari ini tepatnya Selasa 10 oktober 2023, nilai ISPU di wilayah kita sudah turun di angka 81, atau dengan kategori sedang. Artinya saat ini bisa dikatakan sudah mulai membaik,” kata Zamzami.

 

Namun demikian, meski angka ISPU saat ini sudah mengalami penurunan. Zamzami tetap mengingatkan masyarakat di Kabupaten Batanghari untuk tetap mewaspadai dampak kabut asap. Sebab kualitas udara bisa saja kembali memburuk, jika kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus ditemukan.

 

“Kualitas udara ini bisa saja berubah, dan kita akan terus lakukan pemantauan untuk memastikan nilai ISPU. Tapi mudah-mudahan semakin membaik. Semoga saja tidak ada lagi warga yang membuka lahan dengan cara dibakar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: