Lagi, 50 Hektar Lahan Tahura di Batanghari Terbakar

Lagi, 50 Hektar Lahan Tahura di Batanghari Terbakar

Lagi, 50 Hektar Lahan Tahura di Batanghari Terbakar--

Jambitv.co, Batanghari - Titik api kembali berkobar di Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Thaha Syaifuddin Jambi. Tepatnya di Kelurahan Sridadi Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari.  Bahkan kali ini, diperkirakan sekitar 50 Hektar Lahan Tahura yang terbakar.

 

Menurut informasi yang berhasil diperoleh Jambitv.co, dari Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kabupaten Batanghari. Bahwa kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan Tahura ini, sudah berlangsung sejak Jum'at (6/10/2023).

 

Disamping itu, sulitnya akses menuju titik lokasi kebakaran, membuat Tim Satgas Karhutla kewalahan untuk melakukan upaya pemadaman secara maksimal. Sebab akses jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat, karena sulit dilalui kendaraan roda dua.

 

“Untuk pergerakan api masih membakar Tahura hingga hari ini. Minggu 8 Oktober 2023, sekitar pukul 10:21 WIB. Itu ke arah sigam sana,” kata Anggota TRC BPBD Kabupaten Batanghari, Bahroji dalam laporannya secara visual saat di lapangan. 

 

Tak hanya itu, Bahroji juga mengungkapkan jika kondisi di lapangan petugas kesulitan untuk mendapatkan sumber air. Sehingga pemadaman harus dilakukan melalui jalur udara menggunakan Helikopter Water Bombing.

 

“Semoga dapat ditangani oleh Satgas Udara. Kalau Satgas Darat saya rasa banyak terkendala,” ungkapnya.

 

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran ini. Namun kuat dugaan, titik api muncul akibat aktivitas para pelaku perambah yang melakukan pembakaran di kawasan Tahura Sultan Thaha Syaifuddin Jambi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: