Selama Bulan September Penderita ISPA di Batanghari Mencapai 1.705 Orang

Selama Bulan September Penderita ISPA di Batanghari Mencapai 1.705 Orang

Selama Bulan September Penderita ISPA di Batanghari Mencapai 1.705 Orang-Pirdana Atrio-JambiTV

Jambitv.co, Batanghari – Jumlah penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA sebagai dampak terjadinya kabut asap di Kabupaten Batanghari mengalami peningkatan signifikan. Dari catatan Dinas Kesehatan Batanghari, selama bulan September saja, jumlah penderita penyakit ISPA mencapai 1.705 orang. 

 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Nurjali mengatakan, ribuan orang yang dinyatakan mengidap ISPA tersebut terdata dari 18 fasilitas pelayanan kesehatan atau faskes yang tersebar di 8 kecamatan. Dari seluruh faskes ini, 2 kecamatan dianggap paling banyak ditemukan kasus ispa , yakni Bajubang dan Kecamatan Bathin 24. 

 

“Dari minggu ke 36 sampai minggu ke39 ini memang terjadi peningkatan kasus. Total kasus yang terlaporkan dengan kita itu, dari 18 faskes itu ada 1.705 kasus. Kalau kita lihat dari kecamatan terbanyaknya ada di Bajubang dan Bathin 24,” ujar Nurjali, Kabid P2P Dinkes Batanghari.   

 

Peningkatan kasus ISPA ini dipicu akibat berbagai faktor, salah satunya akibat kualitas udara yang semakin memburuk karena kabut asap. Selain itu juga ada yang disebabkan debu bertebaran di jalan akibat musim kemarau. Masyarakat dihimbau untuk tetap memakai masker saat beraktivitas diluar rumah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: