Pemkab Batanghari Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Pemkab Batanghari Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Pemkab Batanghari Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila-Pirdana Atrio-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Batanghari - Pemerintah Kabupaten Batanghari menggelar upacara gabungan, dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih ini, berlangsung di halaman kantor Bupati, Minggu 1 Oktober 2023.

Prosesi upacara dan pembacaan teks pancasila dipimpin langsung oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief. Sedangkan pembacaan teks ikrar kesaktian pancasila, dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Muhammad Jaafar. 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini berlangsung dengan khidmat, dan diikuti oleh Unsur Forkopimda, Para Pejabat , ASN, serta para pelajar hingga mahasiswa.

Peringatan hari bersejarah ini, mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Maju”. Sementara pada kesempatan itu, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyampaikan, bahwa pelaksanaan upacara ini dilaksanakan untuk mengenang dan menghargai jasa para pejuang-pejuang bangsa, terutama pahlawan revolusi, yang gugur dalam gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S PKI.

“Kita lihat adek - adek kita SMA masih mengikuti upacara ini bahwa mereka paham pancasila yang membuat Indonesia menjadi indah. Pancasila yang membuat hidup di Indonesia ini menjadi lebih bahagia. Anak - anak yang begini lah yang mesti kita siapkan dan kita doakan supaya tetap menjaga nilai-nilai pancasila di bumi pertiwi ini,” kata Bupati.

Dengan sejarah kelam yang pernah terjadi di bumi pertiwi Indonesia, Bupati Muhammad Fadhil Arief berharap, agar para generasi muda dapat terus menjaga, dan menanamkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia, yakni untuk diterapkan dalam kehidupan sehari.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: