Kenali Ciri-Ciri HP Anda Diretas Oleh Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal

Kenali Ciri-Ciri HP Anda Diretas Oleh Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal

Kenali Ciri-Ciri HP Anda Diretas Oleh Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal-pixabay-

Jambitv.co, Jambi – Perkembangan bisnis pinjaman online dan sejenisnya diikuti dengan beragam modus kejahatan. Terlebih lagi, sebagian Pinjol yang ilegal banyak yang memanfaatkan data-data pribadi kita untuk menguasi Handphone pribadi kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memastikan Hp sebagai salah satu sumber data pribadi kita tetap aman.

 

Berikut ini sejumlah ciri-ciri HP kita sedang diretas dan dalam penguasaan orang lain :

 

Aktivitas yang Tidak Biasa: Perangkat berperilaku aneh atau melakukan tindakan tanpa persetujuan Anda. Ditambah lagi dengan penggunaan data atau baterai yang tidak wajar.

 

Pesan atau Email yang Tidak Dikenal: Menerima pesan atau email yang mencurigakan atau tidak dikenal.

 

Pengaturan yang Berubah Sendiri: Perubahan pada pengaturan perangkat tanpa persetujuan Anda.

 

Aplikasi yang Tidak Dikenal: Munculnya aplikasi yang tidak diinstal oleh Anda. 

 

Pertanyaan Keamanan yang Tidak Biasa: Jika ada pertanyaan keamanan atau aktivitas yang mencurigakan saat mencoba masuk ke akun Anda.

 

Adanya penggunaan aplikasi pinjol tidak dikenal : Aplikasi pinjol tidak dikenal yang tiba-tiba terinstal di ponsel dapat menyebabkan ciri HP diretas pinjol ilegal. Aplikasi ini sering digunakan untuk mencuri data pelanggan. Jika Anda menemukan aplikasi pinjol yang mengganggu, segera uninstall aplikasi tersebut. Jangan pernah membukanya sebelum Anda mendaftar dan memberikan data pribadi Anda.

 

Pesan atau panggilan mencurigakan : Pesan atau panggilan yang mencurigakan dan kontak di ponsel Anda adalah tanda lain HP diretas pinjol ilegal. Pemesanan atau pesan tersebut mungkin berisi ancaman atau perintah untuk membayar cicilan, terutama bagi pelanggan yang melakukan perdagangan pinjol ilegal. Ini juga bisa terjadi bagi pelanggan yang bahkan tidak mengajukan pinjaman. 

 

Adanya perubahan aktivitas keuangan : Pinjol ilegal dapat meretas HP dengan melakukan sejumlah transaksi yang mencurigakan secara tiba-tiba. Transaksi tidak dikenal, penarikan uang tidak sah dari rekening bank, dan peningkatan jumlah hutang adalah beberapa contoh transaksi mencurigakan ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: