Pertengahan Bulan Oktober Status Siaga Karhutla Selesai, BPBD Tebo Tidak akan Perpanjang

Pertengahan Bulan Oktober Status Siaga Karhutla Selesai, BPBD Tebo Tidak akan Perpanjang

Pertengahan Bulan Oktober Status Siaga Karhutla Selesai, BPBD Tebo Tidak akan Perpanjang-Arief Rizal-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Tebo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Tebo, meyakini musim kekeringan di Kabupaten Tebo akan berakhir. Bahkan mereka akan mencabut status siaga karhutla pada pertengahan bulan ini, sesuai masa berlakunya.

Sesuai dengan prediksi BMKG Jambi, Kabupaten Tebo akan mulai di guyur hujan pada awal bulan Oktober ini. Untuk itu, BPBD Kabupaten Tebo memastikan, tidak akan melakukan perpanjangan status siaga karhutla. 

Pelaksana Tugas Kalak BPBD Kabupaten Tebo Nafri Junaidi mengatakan, status siaga karhutla di Tebo, akan berakhir pada pertengahan bulan Oktober ini. Status tersebut tidak akan di perpanjang, berdasarkan prediksi BMKG Jambi.

“Kita masih berjalan sampai pertengahan Oktober, kalau berdasarkan BMKG musim hujan itu akan terjadi di bulan Oktober sesuai dengan SK yang kita buat yang akan di cabut sesuai dengan waktunya.”Ujar Nafri Junaidi.

Lanjutnya, meskipun BMKG Jambi memprediksi bulan ini sudah turun hujan, namun tim satgas karhutla Tebo tetap akan melakukan patroli secara mandiri, ke tempat-tempat yang dicurigai muncul titik panas, sesuai dengan alat groncek. selain itu, BPBD Tebo juga meminta kepada perusahaan agar, lebih pro aktif dan peduli dengan kebakaran yang terjadi di sekitarnya, walaupun tidak masuk dalam kawasannya.,

Data dari BPBD Kabupaten Tebo, luas lahan yang terbakar di Kabupaten Tebo mencapai ratusan hektar. sedangkan untuk titik api yang muncul di Kabupaten Tebo, mencapai puluhan, pada tahun ini, daerah yang dianggap tidak masuk kategori rawan, namun nyatanya di temukan titik api, seperti Kecamatan Rimbo Ulu dan Rimbo Ilir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: