Diduga Akibat Api Puntung Rokok, Lahan Dekat Jalan Ke Arah Desa Transos Terbakar

Diduga Akibat Api Puntung Rokok, Lahan Dekat Jalan Ke Arah Desa Transos Terbakar

Diduga Akibat Api Puntung Rokok, Lahan di Jalan Ke Arah Desa Transos Terbakar-arif-Jambitv

Jambitv.co, Tebo - Lahan seluas Seperempat Hektar di pinggir jalan arah ke Desa Transos, Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo terbakar pada Senin Sore 11 September 2023. Api dengan cepat melalap lahan yang ditumbuhi rumput ilalang yang kering. Beruntung tim reaksi cepat atau TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Tebo, cepat sampai di lokasi dan langsung menyemprotkan air.

Saat di konfirmasi, Selasa 12 September 2023, pelaksana tugas atau Peltu Kalak BPBD Tebo Nafri Junaidi mengatakan, api diduga berasal dari puntung rokok yang masih hidup, yang dibuang oleh warga saat melintas, karena lokasi kebakaran persis di samping jalan. 

“Kemarin sudah kita cek emang ada kejadian kebakaran lahan selitar seperempat hektar tapi dapat kita alihkan. Api dari mananya tidak kita ketahui kita sampai dilokasi api sudah membesar boleh jadi karena puntung rokok karena ini lokasinya di pinggir jalan.” Ujar Nufri Junaidi Plt Kalak BPBD Tebo.

Menurutnya, warga harus bijak dalam menggunakan api, pasalnya jika kecil api menjadi kawan, namun kalau besar menjadi lawan. Untuk itu, pastikan jika meninggalkan sesuatu yang berhubungan dengan api, harus padam terlebih dahulu, jika tidak akan berdampak seperti yang terjadi di pinggir jalan transos ini.

BACA JUGA:Lahan Kosong di Desa Pelawan Terbakar, Api Berasal Dari Tumpukan Batubara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: