Dalam Sepekan, 378 Orang Warga di Batanghari Menderita ISPA

Dalam Sepekan, 378 Orang Warga di Batanghari Menderita ISPA

Kasus Ispa di Batanghari Meningkat-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari – Semakin memburuknya kualitas udara, membuat kasus penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Kabupaten Batanghari, semakin meningkat. Bahkan selama sepekan di bulan September Tahun 2023 ini, setidaknya sudah terdata sekitar 378 orang warga di daerah setempat yang mengidap ISPA.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P, Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Nurjali mengatakan. Bahwa jumlah kasus ISPA ini terdata dalam setiap pekan, dan peningkatan kasus ini terjadi pada minggu ke-35 di tahun ini. 

“Peningkatannya tidak terlalu signifikan dibanding minggu sebelumnya. Dimana pada minggu ke-34 jumlah kasus ISPA di Batanghari ada 346 orang. Kita mendatanya setiap minggu, nanti pada minggu ke-36 akan kita laporkan lagi,” sebutnya.

Menurut Nurjali, jumlah kasus ISPA ini ditemukan menyebar di setiap Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang tersebar di Delapan Kecamatan di Kabupaten Batanghari.

“Tidak, tidak ada yang di rawat. Pasien ISPA ini berobat jalan saja, yang datang ke Paskes saja yang tercatat,”ujarnya.

Nurjali mengungkapkan, salah satu pemicu meningkatnya kasus ini, tidak lain karena meluasnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) hingga menyebabkan kualitas udara menjadi tidak sehat. 

“Sedikit banyaknya bisa berpengaruh terhadap kesehatan kita. Jadi ketika udara itu dinyatakan sudah tidak sehat, sebaiknya agar dikurangi aktivitas diluar ruangan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: