Hingga September, 120 Hektar Lahan di Batanghari Hangus Terbakar

Hingga September, 120 Hektar Lahan di Batanghari Hangus Terbakar

120 Hektar Lahan Sudah Terbakar di Batanghari-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Meski hingga Agustus 2023 lalu tercatat hanya sekitar 94 hektar lahan yang terbakar. Namun selama lebih kurang sepekan di bulan september 2023 ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari mencatat, luas lahan yang terbakar kembali bertambah menjadi sekitar 120 hektar.

Kondisi ini diakui Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batanghari, Bebi Andihara mengungkapkan. Bahwa dari delapan Kecamatan di daerah setempat, kasus kebakaran lahan ini paling banyak ditemukan di tiga kecamatan. 

“Paling banyak ditemukan di Kecamatan Muara Bulian yakni seluas 59,5 hektar. Kemudian di Kecamatan Bathin 24, seluas 32 hektar, dan Kecamatan Bajubang sekitar 9,5 hektar,” ungkapnya.

Sedangkan lima Kecamatan lainnya, lanjut Bebi. Diantaranya Kecamatan Pemayung diperkirakan hanya seluas 7 hektar yang telah terbakar, Muara Tembesi seluas 5 hektar, Mersam 3,24 hektar, Maro Sebo Ilir 3 hektar, dan Kecamatan Maro Sebo Ulu hanya terdata satu hektar lahan yang telah terbakar.

“Kalau jumlah fire spot atau titik api yang ditemukan di Delapan Kecamatan tersebut, itu ada sekitar 44 titik. Sedangkan Hotspotnya ada sebanyak 124 titik,”jelasnya.

Bebi Andihara menambahkan, kasus Kebakaran lahan yang terjadi di Bumi Serentak Bak Regam ini, mayoritas diduga akibat aktivitas pembakaran oleh oknum masyarakat yang ingin membuka lahan.

“Kita minta kepada masyarakat, kalau mau membuka kebun jangan lagi membakar. Karena cara ini sangat tidak dibenarkan dan ada tindak pidananya,”Tegas Bebi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: