Kualitas Udara di Kabupaten Batanghari Dinyatakan Tidak Sehat

Kualitas Udara di Kabupaten Batanghari Dinyatakan Tidak Sehat

Kabupaten Batanghari-Pirdana Atrio-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Batanghari - Berdasarkan hasil pemantauan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari, kualitas udara di daerah setempat kini sudah dinyatakan tidak sehat. Sebab nilai ISPU di Kabupaten Batanghari, saat ini sudah mencapai angka 102,5. 

Setelah dua hari terakhir dilakukan pemantauan dan pengecekan, oleh petugas unit pelaksana teknis daerah atau UPTD Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari. Kamis (7/9), kualitas udara di daerah setempat sudah dinyatakan dalam kondisi tidak sehat.

Kondisi ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari, Zamzami. Menurutnya, dari hasil pengecekan tersebut nilai indeks standar pencemaran udara atau ISPU sudah mencapai angka 102,5. Kondisi ini dianggap sudah melampai nilai ambang batas kategori baik, maupun sedang.

“Setelah dilakukan oleh teman-teman kami di labor pengecekan indeks standar pencemaran udara yang dilaksanakan hari Selasa dan Rabu, tanggal 5 dan 6 September 2023. Ternyata didapatkan hasil perhitungan ISPU nya di angka 102,5. Di dalam kategori angka tersebut ternyata di Muara Bulian dan sekitarnya bisa dikatakan udaranya tidak sehat,” ujar Zamzami.

Meski demikian, Zamzami mengaku masih akan melakukan pemantauan di delapan kecamatan di Kabupaten Batanghari, guna memastikan nilai iSPU di masing-masing kecamatan. Selain itu, Zamzami juga tengah melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan daerah setempat, untuk penindakan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: