ISPU Jambi Mencapai 122, Udara Semakin Tidak Sehat

ISPU Jambi Mencapai 122, Udara Semakin Tidak Sehat

Varial Adhi Putra, Kadis LH Provinsi Jambi-nurpeha-jambitv

Jambitv.co, Jambi – Kondisi udara di Provinsi Jambi pada Rabu pagi, 6 September 2023 kembali menunjukkan indeks tidak sehat. Dimana tepat pada pukul 09.00 WIB, Skala Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) naik ke angka 122. Dimana sebelumnya pada, Selasa malam di angka 93 hingga 98. 

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan, skala ISPU di Provinsi Jambi ini menandakan kondisi udara di Jambi sudah semakin tidak sehat. Skala ISPU meningkat secara fluktuatif atau di jam tertentu saja, seperti pagi hingga siang hari. Kemudian akan kembali menurun pada malam hari. Terkait kondisi kabut asap ini, Varial menyebut asap berasal dari provinsi tetangga yakni Sumatera Selatan. 

 

“Sekarang kondisi udara sudah tidak sehat, kondisi udara asap ini datangnya dari Sumatera Selatan, ini yang menjadikan udara tidak sehat di Kota Jambi. Untuk saat ini di level 122 ada partikel yang 2,5 jadi partikel 2,5 mikro yang sangat berbahaya, tetapi yang partikel 10 masih berada di posisi 53 yang berarti masih berada di posisi normal,” ujar Varial Adhi Putra, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi.

 

Sementara itu, untuk menghindari penyakit atau gejala pernapasan saat kondisi udara tidak sehat. Gubernur Jambi telah mengeluarkan edaran dan menghimbau masyarakat, untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, atau menggunakan masker saat beraktivitas. 

 

“Kita di Provinsi ada 2 alat pemantau udara yang berada di Kota Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Di Kota Jambi dari hasil datanya itu menunjukan di angka 122 Perjam 9 pagi tadi, dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas di luar ruangan dan apabila melakukan aktivitas di luar ruangan gunakanlah masker berdasarkan edaran dari Gubernur langsung,” pungkas Varial. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: