Kebaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi, Jumlah Hotspot Mencapai 360 Titik

Kebaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi, Jumlah Hotspot Mencapai 360 Titik

Ibnu Sulistyo, Kepala BMKG Provinsi Jambi-nurpeha-jambitv

Jambitv.co, Jambi – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi mencatat, terjadi peningkatan signifikan jumlah titik panas (hotspot) di sejulah wilayah dalam Provinsi Jambi. Jumlah Hotspot ini mengalami peningkatan dari bulan Juli hanya sekitar 100 Hotspot, namun hingga akhir Agustus telah mencapai 360 titik panas.

 

Pantauan BMKG selama bulan Agustus tersebut, pada dasarian  satu bulan Agustus ditemukan 176 titik panas. Kemudian dasarian dua ditemukan 105 titik panas dan dasarian ketiga ditemukan 80 titik panas. 

 

Kepala BMKG Provinsi Jambi, Ibnu Sulistyo mengatakan, jumlah titik panas di Provinsi Jambi  terbanyak berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kemudian disusul Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun. 

 

“Kami mencatat ada lebih dari 360 titik panas yang ada di Provinsi Jambi. Titik panas yang terjadi dari bulan Juli ke Agustus ini mengalami dua kali peningkatan. Dari 100 titik panas menjadi lebih dari 300 titik panas, hal ini seiring dengan terjadinya puncak musim kemarau di Provinsi Jambi,” ujar Ibnu Sulistyo, Kepala BMKG Provinsi Jambi. 

 

“Titik panas terbanyak terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, kemudian Merangin dan Kabupaten Sarolangun,” pungkas Ibnu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: