Delegasi 22 Negara Akan Hadiri KTT ASEAN 2023 di Jakarta

Delegasi 22 Negara Akan Hadiri KTT ASEAN 2023 di Jakarta

Delegasi KTT ASEAN ke 43 di Jakarta-disway.id-

Jambitv.co, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean ke-43 akan berlangsung pada 5–7 September 2023 di Jakarta Convention Center. Dari informasi yang berhasil dirangkum disway.id, sedikitnya akan ada delegasi dari 22 negara yang akan menghadiri pertemuan ini. Mulai dari tingkat Pimpinan hingga kementerian terkait.

 

Sementara itu, untuk para delegasi yang tergabung dalam KTT ASEAN sendiri, ada 11 negara yang sudah memastikan diri untuk hadir pada KTT ASEAN ke 43 ini. Mulai dari delegasi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja dan Timor Leste.

 

Selain itu, KTT ASEAN ke-43 juga akan dihadiri negara mitra wicara atau negara dan organisasi regional serta internasional yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang.

 

Sedikitnya ada 9 negara mitra wicara yang akan hadir dalam pertemuan ini, antara lain Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia, Baru dan China.

 

KTT ASEAN ke 43 Mengusung tema 'ASEAN Matters: Epicentrum Of Growth’ dengan membawa membawa 4 ruh utama yang akan menjadi perhatian pada pertemuan puncaknya. 

 

Ruh pertama adalah adalah pentingnya meletakkan visi jangka panjang Kawasan, dan Indonesia akan memastikan hal tersebut saat gelaran berlangsung pada 5 – 7 September 2023.

 

"Ruh kedua adalah memperkuat ketahanan ASEAN dalam menghadapi tantangan zaman. Ketiga adalah mendorong ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Dan yang terakhir adalah menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan aman dan damai,” ujar Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: