95 titik hotspot hanguskan 24 hektar lahan di tebo

95 titik hotspot hanguskan 24 hektar lahan di tebo

kebakaran hutan dan lahan di Tebo-Arief Rizal-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Tebo - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Tebo mencatat, terhitung dari bulan Januari hinggga Agustus 2023, tercatat sudah 24 hektar lahan terbakar. 

Hal ini disampaikan Sekretaris BPBD Kabupaten Tebo Roni. Dirinya mengaku, untuk titik hotspot yang muncul berdasarkan Sipongi mencapai 95 titik panas, dan paling banyak muncul pada bulan Agustus ini.

“Dari pantauan sejak Januari hingga Agustus ini, setidaknya sudah ada 95 titik panas di Tebo. Bulan ini terbanyak titik panas yang kita temukan,” kata Roni.

Lanjut Roni, Kemudian data dari BPBD Kabupaten Tebo, dari luas lahan yang terbakar, tidak semuanya di lahan milik masyarakat, ada juga lahan milik perusahaan seperti PT LAJ. 

Dalam penanganan karhutla ini, tim satgas Tebo sering mendapatkan bantuan dari satgas Provinsi Jambi, dengan menggunakan helikopter water bombing.

Jumlah lahan yang terbakar ini diakui Roni kemungkinan akan bertambah, karena prediksi BMKG Jambi, kemarau akan berlangsung hingga beberapa bulan kedepan, meskipun ada sesekali terjadi hujan dengan intensitas rendah. Sedangkan Pemkab Tebo telah memperpanjang status siaga karhutla hingga bulan Oktober mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: