8 Juta Warga Pakistan Krisis Air Bersih, Nasib 4 Juta Anak-Anak Terancam

8 Juta Warga Pakistan Krisis Air Bersih, Nasib 4 Juta Anak-Anak Terancam

Anak anak Pakistan di Camp Pengungsian--jambitv

Jambitv.co, Pakistan – Unicef PBB mengumumkan bahwa jutaan warga Pakistan masih terdampak bencana banjir besar yang melanda negara tersebut. Bahkan satu tahun pasca bencana, lebih dari 8 juta warga yang mengalami krisis air bersih. Dari 8 juta warga tersebut, 4 juta diantaranya merupakan anak-anak yang rentan mengalami penyakit akibat tidak mendapat asupan air bersih.

 

“Anak-anak rentan yang tinggal di daerah yang terkena dampak banjir telah mengalami tahun yang mengerikan,” kata Abdullah Fadil, Perwakilan UNICEF di Pakistan.

 

“Mereka kehilangan orang yang mereka cintai, rumah dan sekolah. Dengan kembalinya musim hujan, ketakutan akan bencana iklim lainnya semakin besar. Upaya pemulihan terus dilakukan, namun masih banyak yang belum terjangkau, dan anak-anak Pakistan berisiko dilupakan.” Imbuhnya.

 

Selan krisis air bersih, dampak lainnya yang ditimbulkan pasca banjir besar melanda, banyak warga Pakistan yang terjangkit penyakit diare, disentri, demam berdarah dan malaria. Sebagian besar penderitanya merupakan anak-anak.

 

 “Kita tidak bisa melupakan anak-anak Pakistan. Banjir telah hilang, namun permasalahannya masih ada, di wilayah yang rentan terhadap perubahan iklim ini," pungkas Abdullah Fadil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: