Hasil Pengecekan Kualitas Air Sungai Batanghari, 4 Item Parameter Melebihi Baku Mutu

Hasil Pengecekan Kualitas Air Sungai Batanghari, 4 Item Parameter Melebihi Baku Mutu

sungai Batanghari-Arief Rizal-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Tebo - Dari 18 item tolak ukur penilaian kualitas air sungai Batanghari, oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tebo mengklaim, 4 item diantaranya telah melebihi baku mutu.

Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tebo, telah menerima hasil pengecekan kualitas air sungai Batanghari dari Kementerian Lingkungan Hidup RI, pada beberapa waktu lalu. 

Kabid pencemaran dan kerusakan lingkungan Deriansyah mengatakan, dari 18 item parameter yang di uji oleh Kementerian LH, 4 item ditemukan melebihi baku mutu

“Dari hasil pengecekan yang dilakukan kementerian LH, itu ada 4 item yang ditemukan melebihi baku mutu, diantaranya BOD kecil dari 2, COD kecil dari 10, minyak lemak kecil dari 1, dan escherichia koli kecil dari 100. 4 item ini merupakan limbah yang disebabkan oleh manusia, seperti limbah kotoran, limbah dapur, dompeng dan limbah perkebunan sawit.” kata Deriansyah.

Lanjutnya, hasil ini tentu akan menjadi kajian bagi OPD terkait, agar kedepan penyebab tingginya 4 item baku mutu kualitas air sungai Batanghari bisa turun. Selain itu, Pemkab Tebo juga mengingatkan, air sungai Batanghari tidak bisa di konsumsi secara langsung, harus melalui proses terlebih dahulu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: