BPBD Masih Kekurangan Armada Operasional Untuk Penanganan Karhutla

BPBD Masih Kekurangan Armada Operasional Untuk Penanganan Karhutla

BPBD Masih Kekurangan Armada Operasional Untuk Penanganan Karhutla-Pirdana-Jambitv

Jambitv.co, Batanghari - Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Kabupaten Batanghari saat ini semakin meluas. Namun dalam upaya pemadaman, personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat. Masih mengalami berbagai kendala di lapangan. Salah satunya dipicu karena masih kekurangan armada operasional yang dimiliki.

Kondisi ini diungkapkan oleh Sekretaris BPBD Kabupaten Batanghari Syamral Lubis, bahwa dari delapan kecamatan. Masing-masing kecamatan minimal memiliki satu unit mobil tangki dalam upaya penanganan kebakaran lahan. Namun saat ini, hanya enam unit yang dapat beroperasi. Empat unit diantaranya merupakan armada dinas damkarmat yang sudah dalam kondisi tua.

“Kalau tersedia ada, cuman apakah cukup itu belum, artinya gini dari hasil inventarisir kita. Kita butuh minimal dari 8 kecamatan itu, minimal 8 monil tangki yang siap kan gitu. Sementara kita yang bisa operasional itu sekitar 6, itupun di Damkar itu yang 4 kondisinya sudah agak tua,” Kata Syamral Lubis Sekretaris BPBD Batanghari.

Upaya pemadaman ini juga diakui melibatkan armada dan personil Manggala Agni, disamping itu Syamral Lubis juga meminta agar pihak perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan. Terlibat aktif membantu melakukan pemadaman, jika terjadi kebakaran di wilayah masing-masing. Sebab selain armada, sebaran titik kebakaran juga kerap menjadi kendala bagi petugas BPBD, lantaran sulit untuk dijangkau melalui Jalur Darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: