Dampak El Nino di Jambi, Sumur Warga Mulai Mengering

Dampak El Nino di Jambi, Sumur Warga Mulai Mengering

Warga Penyengat Rendah yang berusaha Mengambil Air dari Dalam Sumur yang Mulai Mengering-Agustri-jambitv

Jambitv.co, KotaJambi – El Nino yang merupakan fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya. Menyebabkan perubahan pola cuaca global, yang berdampak signifikan pada iklim di berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia.

 

Bahkan dampak El Nino ini mulai dirasakan masyarakat di kelurahan Penyengat Rendah, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Dampak yang paling dirasakan warga setempat, sumur-sumur warga saat ini mulai mengering. 

 

Bahkan uuntuk mendapatkan air bersih, warga harus menambah pipa untuk menyedot air lebih dalam pada sumur galian dan sumur bor. Tidak sedikit pula warga yang harus meminta air ke tetangga, karena sumur mereka tidak lagi berisi air. 

 

“Ado sebagian sumur yang mulai kering, tetapi tentangganya masih ada air, jadi dia minta sama tetangga. Kekeringannya belum merata, belum sulit lah mencari air bersih, karena sumur tetangga masih ada,” ujar Raden Zaharudin, warga Penyengat Rendah.

 

Meski kekeringan ini belum terjadi secara signifikan, namun warga mengaku mulai khawatir jika musim kemarau terus berlanjut. Kekhawatiran warga, karena bukan tidak mungkin sumur akan mengering secara total dalam waktu sebulan kedepan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: