Kick Off GNPIP dan Opening Ceremony Pekan QRIS Nasional 2023 Provinsi Jambi Sukses Digelar

Kick Off GNPIP dan Opening Ceremony Pekan QRIS Nasional 2023 Provinsi Jambi Sukses Digelar

Kick Off GNPIP dan Opening Ceremony Pekan QRIS Nasional 2023 Provinsi Jambi Sukses Digelar--Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Jambi - Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan dan Pekan QRIS Nasional 2023 Provinsi Jambi sukses digelar oleh Kantor Bank Indonesia Provinsi Jambi.

Acara yang dipusatkan di Hotel Aston, Selasa (15/8) dihadiri oleh Gubernur Jambi Al Haris, Kepala OJK, Kepala BPS, Kepala Perum Bulog Jambi, Bupati dan Walikota Seluruh Provinsi Jambi, Forkopimda Provinsi Jambi, Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jambi,Kepala Perbankan di Provinsi Jambi dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi, Hermanto bahwa Inflasi di Provinsi Jambi  bahwa pada Juli 2022 lalu, terjadi lonjakan inflasi yang tinggi di Provinsi Jambi sebesar 8,55% (yoy). Dan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh Tim TPID, akhirnya pada Juli 2023 inflasi di Provinsi Jambi mengalami tren penurunan hingga diangka 1,15%. Atau terendah se-Indonesia serta lebih rendah dibandingkan inflasi nasional yang tercatat sebesar 3,08% (yoy).

"Penurunan inflasi ini tentunya berkat sinergi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan mitra strategis lainnya dalam menjalankan berbagai program pengendalian inflasi,"ujarnya 

Hermanto menambahkan bahwa Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Jambi tahun 2023 yang mengusung tema "Sinergi dan Inovasi untuk Ketahanan Pangan Nasional melalui Peningkatan Produktivitas, Nilai Tambah, KAD Terintegrasi, dan Digitalisasi Pertanian”.

Tentunya melalui 7 Program penguatan GNPIP 2023 yaitu Operasi Pasar,  Penguatan TPID, Penguatan Pasokan Pangan Strategis, Penyaluran Subsidi Ongkos Angkut, Penyaluran Sarana dan Prasarana Pertanian, Penguatan Data dan Informasi dan penguatan koordinasi dan komunikasi.

Hermanto menambahkan bahwa Bank Indonesia Provinsi Jambi juga terus mendorong masyarakat dalam menggunakan QRIS dalam proses pembayaran.

Berdasarkan data, untuk Provinsi Jambi, saat ini tercatat lebih dari 262 ribu merchant, sedangkan dari sisi pengguna mencapai 391.134 user yang tersebar di berbagai Kota/Kabupaten di Provinsi Jambi.

Pada acara tersebut juga Bank Indonesia Provinsi Jambi sekaligus melakukan Penyerahan Progam Sosial Bank Indonesia dengan menyerahkan 5000 bibit cabai pada TPID Kota Jambi, penyerahan bibit cabai kepada Pesantren Al Muttaqin dan Penyerahan kendaraan operasional kepasa Perum Bulog.

Serta pemberian penghargaan kepada Kabupaten Kota yang paling banyak melakukan transaksi menggunakan Qris.

Bank Indonesia juga rutin menyelenggarakan event tahunan bertajuk “Pekan QRIS Nasional (PQN) yang merupakan wadah untuk meningkatkan penggunaan QRIS, baik dari sisi pengguna, volume transaksi, maupun jumlah merchant.

"PQN 2023 mengangkat tema besar “Wujudkan Semangat 45, QRISnya satu,Menangnya Banyak!”.

PQN tahun 2023 akan dilaksanakan serentak di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia pada tanggal 14 s.d 20 Agustus 2023. Rangkaian PQN yang dilaksanakan sebagai berikut:

Dimulai dari 14 Agustus 2023 dilaksanakan Pre Opening PQN yang terdiri dari 3 kegiatan yakni QRIS Goes to Campus, FGD Implementasi Kartu Kredit Indonesia Provinsi Jambi dan Bincang Media QRIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: