APBD Sarolangun Tahun 2024 Turun RP 5 Miliar, Pemda Kelimpungan Dana Disedot Untuk Anggaran Pilkada 2024

APBD Sarolangun Tahun 2024 Turun RP 5 Miliar, Pemda Kelimpungan Dana Disedot Untuk Anggaran Pilkada 2024

Kasiyadi, Kepala BPKAD Sarolangun-Surya Abadi-jambitv

Jambitv.co, Sarolangun – Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun saat ini sedang menyusun KUA PPAS dalam rancangan APBD untuk tahun 2024. Kepala BPKAD Sarolangun, Kasiyadi mengatakan, terjadi penurunan anggaran di tahun 2024 jika dibandingkan tahun 2023. 

 

Dimana anggaran APBD 2024 Mendatang diprediksi hanya 1,285 Triliun Rupiah, turun lebih dari 5 Miliar Rupiah jika dibandingkan dengan APBD tahun ini. 

 

Sementara itu jika melihat dari segi anggaran, memang penurunan yang terjadi tidak cukup banyak. Ditambah lagi hal tersebut masih dapat berubah seiring dengan berjalanan pembahasan anggaran.  Namun, Kasiyadi mengatakan porsi anggaran yang ada di OPD sendiri tetap akan mengalami pengurangan yang cukup besar. Hal ini dikarenakan Pemerintah Daerah di wajibkan untuk membayar puluhan miliar ruliah untuk biaya Pilkada pada tahun 2024. Bahkan pembebanan anggarannya mencapai 60 persen dari total anggaran, baik dari KPU, BAWASLU serta Tim Pengamanan dan lainnya.

 

“Ditambah lagi di tahun ini dan tahun depan, kami dibebankan tambahan anggaran untuk biaya pilkada. Khususnya KPU, Bawaslu sama pengamanan dari Polri. Rata-rata setiap OPD untuk tahun depan mengalami penurunan anggaran, karena sebagian anggaran tersedot untuk memenuhi kebutuhan Pilkada,” ujar Kasiyadi, Kepala BPKAD Sarolangun. 

 

Untuk mengatasi kekurangan anggaran tersebut, Kasiyadi megnaku pihaknya masih berupaya mencari dana tambahan. Baik dengan melobi pemerintah pusat melalui anggaran DAU maupun DAK. Serta peningkatan Anggaran Pendapatan Daerah dari sektor pajak daerah. 

BACA JUGA:TNI-Polri Bersama Pemkab Sarolangun Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla

BACA JUGA:Kecewa Pj Bupati Sarolangun Tak Hadiri Acara Warga, Dewan Minta Bachril Turun Langsung Ke Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: