Kenduri Swarnabhumi, Bentuk Komitmen Pemerintah Menjaga Sungai Batanghari

Kenduri Swarnabhumi, Bentuk Komitmen Pemerintah Menjaga Sungai Batanghari

Wagub Abdullah Sani hadiri kenduri swarnabhumi-Yasri Nurhadi-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, MuaroJambi - Kegiatan Kenduri Swarnabhumi yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi berlangsung meriah dan sukses. Kegiatan ini menampilkan berbagai  kesenian budaya.

Bertempat di Desa Muaro Pijoan Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (2/8), Pj Bupati Bachyuni Deliansyah mendampingi Wakil Gubernur  Jambi Abdullah Sani, menghadiri kegiatan Kenduri Swarnabhumi

Kegiatan ini juga dihadiri ribuan masyarakat yang  memadati lokasi kegiatan, serta tim dari kementerian. 

Kegiatan yang dilakukan di Desa Guci Emas Kecamatan Jaluko ini, merupakan inisiasi dari Kemendikbud Ristek Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Pada kegiatan ini Wakil Gubernur Jambi didampingi PJ Bupati menelusuri Sungai Muaro Pijoan. 

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi Firdaus menyebut, kegiatan Kenduri Swarnabhumi merupakan kegiatan pemajuan kebudayaan. “Sebagai wujud ikhtiar bersama untuk lebih sinergis lagi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian sungai Batanghari,” kata Firdaus.

PJ Bupati Bachyuni menyampaikan, Kenduri Swarnabhumi 2023 ini  bertujuan untuk menelusuri kembali jejak peradaban dari masa lalu, dan sejarah peradaban kerajaan melayu di daerah aliran sungai (DAS) Batanghari. 

“Kenduri swarnabhumi di kabupaten muaro jambi ini, mengangkat tema bebiduk besamo. Secara filosofis di masyarakat, bebiduk besamo ini memiliki arti sebagai sebuah penopang hidup dalam konteks sungai,” jelas Bachyuni.

Sementara Wakil Gubernur Jambi  Abdullah Sani  mengatakan, kegiatan ini bertujuan  bagaimana bisa melestarikan  budaya  warisan  orang-orang terdahulu. “Salah satunya langkah yang dilakukan  yaitu dengan penanaman  pohon dan menabur benih ikan di sungai  lubuk larang gubuk guci emas ini.” pungkas Sani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: