Haris Masih Populer, Ini 5 Besar Kandidat Bacagub Populer Versi Sigma

Haris Masih Populer, Ini 5 Besar Kandidat Bacagub Populer Versi Sigma

Haris Masih Populer, Ini 5 Besar Kandidat Bacagub Populer Versi Sigma-Agustri-Jambitv.disway.id

Jambitv.co, Jambi - Lembaga survei Sigma Idea Indonesia resmi merilis hasil survei popularitas dan elektabilitas kandidat bakal Calon Gubernur Jambi untuk Pemilihan Gubernur Jambi 2024.

Dirilis oleh Sigma Idea Indonesia, Jumat, 28 Juli 2023,  nama petahana Gubernur Jambi Al Haris masih menjadi yang paling populer. Dibawah Al Haris ada nama Cek Endra diposisi kedua dan Ratu Munawaroh diposisi ketiga. Sementara Sy Fasha dan Abdullah Sani betengger di peringkat empat dan lima.

Lalu bagaimana dengan nama Romi Harianto?  Nama Bupati Tanjung Jabung Timur ini ternyata masih di luar lima besar, duduk diposisi ke lima, disusul Edi Purwanto dan Mashuri.

Namun posisi elektabilitas Romi Haryanto merangkak naik bahkan mengalahkan elektabilitas Walikota Jambi, Sy Fasha. 

Di bawah Al Haris dengan 23,6 persen, Romi merangkak menyalip Fasha dengan 15.0 persen,  sementara Fasha hanya 13.5 persen.

Agung Hidayat, Direktur Operasional Sigma Idea Indonesia mengatakan, survey ini dilakukan pada periode 28 Juni hingga 20 Juli 2023, dengan sebanyak 1.200 responden tersebar di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi. 

"Survey dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan Margin of Error 2,9 persen," katanya.

Menurut Agung, beberapa isu pembangunan cukup masif muncul di media dan terkonfirmasi dengan pengalaman pemilih seperti penanganan angkutan batubara, jalan yang rusak dan pembangunan Ruang Terbuka Hijau menjadi penyebab turunya elektabilitas.

Sedangkan kisruh Walikota Jambi dengan anak SMP cucu Nenek Hafsah cukup menyedot perhatian, diduga punya andil terhadap elektabilitas Sy Fasha.

"Turunnya kepuasan terhadap pertahana menyebabkan pemilih mencari pigur lain yang dianggap lebih mampu." Pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: