Transisi Paud ke SD Yang Menyenangkan, Pemkab Batanghari Gencarkan Sosialisasi

Sabtu 15-07-2023,13:25 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Pirdana Atrio

Jambitv.co, Batanghari - Dalam rangka mendukung penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan. Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Daerah setempat. Menggelar evaluasi dan tindaklanjut, sekaligus menggencarkan sosialisasi terhadap Satuan PAUD. Sosialisasi ini berlangsung selama dua hari terhitung sejak Jum’at 14 Juli 2023 Kemarin, yang berpusat di Gedung Pemuda Muara Bulian. Dalam kegiatan ini, Bunda PAUD Kabupaten Batanghari, Zulva Fadhil, diamanahkan sebagai narasumber. Istri Bupati Mhd. Fadhil Arief ini memberikan edukasi kepda ribuan orang peserta yang mengikuti kegiatan ini. Terdiri dari Bunda PAUD maupun Guru PAUD di seluruh Kecamatan, Kelurahan hingga seluruh Desa. Selain itu, kegiatan ini juga di hadiri oleh Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief, jajaran Dinas PdK, dan Pengawas Sekolah Dasar.

Agar Satuan PAUD dan SD Memiliki Keseragamam Pemahaman

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas PdK Kabupaten Batanghari Zulfadli mengatakan. Bahwa upaya ini dilakukan sebagai komitmen Pemerintah Daerah, agar seluruh satuan PAUD dan SD, memiliki keseragaman pengetahuan dan persepsi tentang Transisi PAUD ke SD yang tertuang dalam Kurikulum Merdeka Belajar episode ke-24. “Kita harus bisa menerapkan implementasi kurikulum merdeka belajar. Semua itu mau di satukan dalam nilai-nilai etika, budaya moral yang ada di daerah kita. Sehingga tidak banyak lagi ragamnya, karena dalam satu Kabupaten menyatu dalam satu budaya,” kata Zulfadli, Sabtu (15/07/2023). Berkenaan dengan kurikulum tersebut, Zulfadli berharap agar seluruh tenaga pendidik harus bisa memahami tiga target perubahan yang di canangkan Kementerian Pendidikan dalam penguatan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. “Tiga target perubahan ini, pertama tidak ada lagi Tes Baca Tulis dan Menghitung atau Calistung sebagai syarat masuk Sekolah Dasar. Kemudian setiap sekolah di anjurkan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), serta membangun kemampuan pondasi secara menyenangkan dan efektif terhadap peserta didik,” jelasnya.

Bupati Berpesan Agar Satuan PAUD dan SD Saling Menguatkan

 Sementara itu, mengingat Kabupaten Batanghari merupakan salah satu daerah di Provinsi Jambi yang menjadi sampel Pemerintah Pusat untuk menerapkan program ini. Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief berpesan kepada seluruh satuan pendidikan PAUD dan SD, dapat bersinergi dan saling menguatkan. “Kemudian di sampaikan, bahwa ada kelemahan di Indonesia saat ini yang ingin di perbaiki. Bahwa dulu kita ketahui banyaknya guru PAUD dan orang tua yang bangga anaknya bisa baca, bisa menulis. Banggaa anaknya sudah bisa berhitung, ternyata itu kurang tepat,” kata Bupati. Karena menurut Bupati Mhd. Fadhil Arief, program pendidikan bertujuan untuk membuat pola fikir seorang manusia menjadi lebih baik. Sehingga dalam hal ini, ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan untuk mendidik anak-anak sesuai dengan usianya. Sebab jika dipaksakan, dinilai tidak efektif. “Harus ada tahapannya, sesuai umurnya. Jangan dipaksakan, karena sesuatu yang dipaksakan pasti tidak mengenakkan, itu tidak boleh. Apalagi anak-anak, anak-anak itu masanya bermain,” ujarnya.   Reporter : Pirdana Atrio
Tags :
Kategori :

Terkait