Lahan Kosong di Tanjung Sari Terbakar, Api Diduga Berasal Dari Puntung Rokok

Senin 05-08-2024,07:39 WIB
Reporter : Agustri
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, KotaJambi – Kebakaran lahan juga terjadi di Kota Jambi, tepatnya di kelurahan Tanjung Sari, kecamatan Jambi Timur, Sabtu (3/8/2024). Puluhan personel dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi diterjunkan untuk memadamkan api, dibantu aparat TNI-Polri.

Jauhnya lokasi titik api dan kencangnya angin di lokasi kejadian, membuat petugas kewalahan memadamkan api. Bahkan petugas harus mengulurkan selang sepanjang 300 meter untuk menjangkau titik api. 

Kepala dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Mustari Affandi mengatakan, api diduga berasal dari puntung rokok oleh masyarakat yang memancing ikan di sekitar lahan. Untuk memadamkan api, puluhan personel diterjunkan dengan 7 unit armada pemadam.

BACA JUGA:Kebakaran Lagi di Muaro Jambi, 15 Hektare Lahan di Desa Rantau Panjang Hangus Terbakar

“Dugaan karena adanya masyarakat yang memancing di pinggiran kali sekitar lahan, dugaan membuang puntung rokok sehingga terjadi kebakaran. Kita menurunkan armada 7 unit dengan 60 personel dan TNI 10 orang dan 5 orang pihak Kepolisian dan 3 orang dari Manggala Agni,” 

“Alhamdulillah api dapat dipadamkan dalam kurang lebih 4 jam, karena tiupan angin yang sangat kencang,” tambah Mustari.

BACA JUGA:Baru Selesai Pemadaman, Terjadi Lagi Kebakaran 2 Hektare Lahan di Desa Lubuk Kepayang Sarolangun

Dengan kejadian ini, petugas menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ekstra hati-hati dengan penggunaan api. Faktor kondisi kekeringan dan cuaca kemarau dapat dengan mudah memicu terjadinya kebakaran. Apalagi aktivitas membakar sampah di sekitar lahan kering yang mudah terbakar.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, dengan kondisi kekeringan ini ataupun kemarau ini, untuk dapat mencegah kondisi lahan atau tidak membakar sampah sembarangan,” pungkasnya.

Kategori :