Puluhan Desa Terdampak Banjir, Pemkab Batanghari Tingkatkan Status Jadi Tanggap Darurat Bencana

Rabu 17-01-2024,09:22 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Suci Mahayanti

Jambitv.co, Batanghari - Lantaran masih dilanda bencana banjir, Pemkab Batanghari akhirnya meningkatkan status dari siaga menjadi tanggap darurat bencana. Peningkatan status ini sebagai langkah untuk melakukan penanggulangan secara maksimal.

Hal ini karena difaktori oleh semakin meluasnya bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Batanghari, sehingga membuat pemerintah daerah setempat harus meningkatkan status. 

BACA JUGA:4 Daerah Status Tanggap Darurat Banjir, 3 Daerah Lainnya Tetapkan Siaga Darurat Banjir

Kondisi ini diungkapkan langsung oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief. Dimana peningkatan status ini, sebagai langkah ataupun upaya pemerintah daerah untuk memaksimalkan penanganan dan penanggulangan. 

Salah satunya untuk menyalurkan bantuan pangan terhadap warga yang terdampak bencana banjir. Dimana saat ini, proses pendataan masih terus dilakukan dan akan segera dirampungkan. Tak hanya itu, pemerintah daerah juga telah mengusulkan penyaluran bantuan dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. 

BACA JUGA:Debit Air Sungai Batanghari Masuk Status Siaga 2

“Kita tetapkan tanggap darurat, sehingga apapun kejadiannya bisa kita keluarkan. Dan untuk pusat sudah kita laporkan dan sudah kita usulkan, perlu penanganan bersama antara Kabupaten, Provinsi dan BNPB. Kalau untuk daerah prioritas yang diberikan bantuan tidak ada, tapi sesuai indikator. Jadi prioritasnya itu tergantung indikator, mana daerah terdampak yang paling sulit. Misalnya akses keluar desanya sudah sulit atau untuk mereka mencari ekonomi sudah sulit, itu harus didahulukan,” ujar Fadhil.

Untuk diketahui, dari 8 kecamatan di Kabupaten Batanghari. Puluhan desa maupun kelurahan yang tersebar di 7 kecamatan, saat ini sudah terdampak bencana banjir. Bahkan belasan ribu rumah warga maupun sejumlah akses fasilitas umum, terdata sudah terendam banjir.

Kategori :

Terpopuler