Banjir Bandang Kerinci Rusak Jembatan Tamiai Hingga Nyaris Ambruk

Rabu 03-01-2024,07:41 WIB
Reporter : Dewi Wilona
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Kerinci – Banjir bandang Kerinci yang terjadi pada Selasa dinihari, 2 Januari 2024 juga menghantam jembatan di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin. Akibat derasnya terjangan air, Jembatan Temiai amblas dan kondisinya miring hingga nyaris ambruk ke sungai. 

Jembatan Tamiai ini merupakan satu-satunya jembatan penghubung Kerinci menuju Kabupaten Merangin. Akibatnya, akses jalan nasional dari Kabupaten Kerinci menuju Kabupaten Merangin terputus. Kondisi aspal di jembatan retak karena dasar dan tebing jembatan tergerus air, dan membuat jembatan tidak bisa dilalui kendaraan. 

BACA JUGA:Banjir di 7 Koto, Ratusan Rumah di 2 Desa Terendam dan Ratusan KK Terdampak

Kapolsek Batang Merangin, Iptu Julisman mengatakan, untuk sementara jembatan Tamiai ini tidak bisa dilalui kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk sementara jalan dialihkan ke jalan alternatif dengan ruas jalan berlumpur dan jarak yang cukup jauh. 

BACA JUGA:Tertimbun Longsor, Anggota Polsek Muko-Muko Bathin VII Meninggal Dunia

“Intensitas hujan yang tinggi di seluruh wilayah Kabupaten Kerinci ini, sehingga mengakibatkan tergerusnya atau hanyutnya dasar jembatan. Sehingga membuat anjlok sampai saat ini. Untuk saat ini kami membuat jalan alternatif, jalan yang lama sudah dibentuk dari TMD kemarin dan sudah ada alternatif jalannya,” ujar Iptu Julisman, Kapolsek Batang Merangin.

Atas musibah ini, warga berharap pemerintah mengambil langkah cepat perbaikan jembatan Tamiai, agar lalu lintas masyarakat kembali lancar. 

Kategori :