3.810 Hektar Sawah Padi di Batanghari Selamat dari Gagal Panen Musim Kemarau

Senin 09-10-2023,09:52 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Ade Putra

Jambitv.co,  Batanghari – Meski tidak sedikit petani padi di Kabupaten Batanghari yang khawatir terdampak kekeringan akibat dilanda Musim Kemarau sejak beberapa bulan terakhir. Namun ribuan hektar sawah padi berhasil selamat dari ancaman gagal panen. Dari catatan Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan (PPP) Kabupaten Batanghari, saat ini luas sawah padi yang telah berhasil dipanen para petani mencapai 3.810 hektar. 

 

Kepala Dinas PPP Batanghari Farizal mengatakan, ribuan Hektar lahan padi yang telah dipanen tersebut merupakan hasil tanam dari periode April sampai September 2023. Dari total luas tanam sekitar 4.361 hektar di Batanghari, saat ini diklaim sudah 3.810 hektar sawah padi yang berhasil dipanen. 

 

“Luas tanam pada periode April sampai September 4.361 hektar. Kemudian panen yang sudah tercatat di bidang tanaman pangan itu ada 3.810 hektar dengan total hasil padi mencapai 27 ton,” ujar Farizal, Kepala Dinas PPP Batanghari.

 

Farizal menjelaskan, Luas lahan padi tersebut menyebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Batanghari. dimana dari hasil panen itu, diklaim telah menghasilkan produksi padi sekitar 6 ton lebih perhektar. Sementara sejauh ini, ada sekitar 551 hektar lahan yang belum memasuki usia panen.

 

Kategori :