Ispu di Jambi Meningkat, DLH Sebut Udara Sudah Sangat Tidak Sehat

Sabtu 30-09-2023,09:41 WIB
Reporter : Nur Pehatul Jannah
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Kota Jambi - Kabut asap masih terus terjadi di wilayah Provinsi Jambi yang di akibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan. bahkan skala indeks standar pencemaran udara atau Ispu di Jambi Per Kamis 28 September 2023 mencapai angka 136. angka ini naik signifikan dari pekan lalu di angka 77. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Varial Adhi, menyebutkan kualitas udara di Provinsi Jambi sudah sangat tidak sehat. hal ini ditandakan dengan kabut asap yang kerap menyelimuti sejumlah wilayah di Provinsi Jambi, utamanya pada pagi hingga siang hari. kabut asap ini secara otomatis meningkatkan skala indeks standar pencemaran udara atau ISPU di Provinsi Jambi. dimana Per Kamis 28 September 2023 , skala ISPU mencapai angka 136, padahal sebelumnya masih di angka 77. 

“Peningkatan ini cukup tinggi ya dan kondisi ini tidak sehat untuk kondisi udara di provinsi jambi. Alat kita yang letak nya di kota ini menunjukan di level itu kita oleh karena itu kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di seluruh kota jambi untuk mengunakan masker karna kondisi udara sudah tidak sehat lagi dan mengurangi aktivitas di luar ruangan,” Kata Varial Adhi Kepala DLH Provinsi Jambi.

Menurut Varial, skala indeks diukur dari 2 alat ISPU yang berada di Kota Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. seiring dengan naik turunnya skala ispu di Provinsi Jambi, masyarakat terus diimbau agar selalu menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah, serta membatasi aktivitas. 

Kategori :