Dari Target 120 Ribu Pengguna KTP Digital, Baru Terealisasi 20 Ribu Pengguna

Sabtu 30-09-2023,09:32 WIB
Reporter : Agustri
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Kota Jambi - Penggunaan KTP digital di kota jambi masih sangat minim. Sejak diluncurkan akhir 2022 lalu, pengguna KTP digital baru mencapai 20 ribu orang atau masih jauh dari target yang ditetapkan.

Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Jambi butuh inovasi untuk percepatan mengaktifkan KTP digital atau identitas kependudukan digital. Sebab minat masyarakat untuk mengaktifkan IKD masih rendah. Menurut kepala dinas dukcapil Kota Jambi Nirwan, dari 120 ribu target pengguna KTP digital, saat ini baru 20 ribu warga Kota Jambi yang telah menggunakan.

“IKD KTP digital jadi kita mengsyaratkan yang ingin mempunyai KTP digital mencetak KTP biasa wajib dulu membuat KTP digital nah jadi persyaratannya sebelum mereka mendaftar atau memperbaiki KTP biasa mereka daftar KTP digital dulu, untuk pengguna KTP digital saat ini sekitar 20 ribuan yang targetnya 120 ribuan memang masih agak jauh, kendala mungkin adanya masyarakat yang tidak mempunyai handphone android.”Ujar Nirwan. Kadis dukcapil Kota Jambi.

Ditambahkan Nirwan, salah satu kendala rendahnya penggunaan KTP digital adalah pengguna yang gagap teknologi atau gaptek, dan tidak memiliki smartphone. Kedepan, untuk mengejar target penggunaan, saat ini dinas dukcapil mewajibkan, warga Kota Jambi yang akan mengurus administrasi pendudukan wajib mendaftar dan menggunakan KTP digital.

Kategori :