Jelang Pemilu 2024, Pencermatan Rancangan DCT Akan Berlangsung 10 Hari

Sabtu 23-09-2023,10:15 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Btanghari - KPU Kabupaten Batanghari akan segera merampungkan rancangan daftar calon tetap atau dct pemilu 2024, tahapan ini akan berlangsung selama 10 hari. KPU mengingatkan seluruh pengurus partai politik, untuk bersiap dan manfaatkan waktu selama proses pencermatan.

Berkas bakal calon legislatif yang masuk dalam daftar calon sementara atau dcs pemilu 2024, akan segera dilakukan tahapan pencermatan rancangan daftar calon tetap atau dct oleh komisi pemilihan umum kabupaten batanghari. Tahapan pencermatan ini, akan dilaksanakan selama lebih kurang 10 hari.

Komisioner KPU Kabupaten Batanghari, Muhammad Nuh mengatakan, tahapan pencermatan rancangan dct di daerah setempat, akan dimulai pada akhir pekan ini, tepatnya sejak 24 september hingga 3 oktober 2023 mendatang. Dalam tahapan ini, pihak partai politik dapat melakukan pergantian bacaleg yang masuk dalam dcs, sesuai ketentuan yang berlaku.

“Untuk pencermatan dct hari ini kita masih menungggu tahapan, karena tahapan pencermatan dct ini kan mulai dari tangga 24 september ini sampai dengan 3 oktober 2023. terkait itu kami dari KPU sendiri juga akan melakukan  verifikasi adminitrasi kembali terhadap berkas caleg yang akan diganti sebelum kita melakukan penepatan dct ini,” Kata M. Nuh Komisioner KPU Batanghari.

Selain pergantian, pihak partai juga dapat merubah nomor urut, maupun daerah pemilihan bacaleg. Tahapan tersebut dapat dilakukan jelang penetapan dct. Terkait tahapan ini, pihak kpu kabupaten batanghari juga telah mengingatkan seluruh pengurus partai politik untuk melengkapi berbagai dokumen persyaratan untuk dilakukan verifikasi kembali.

Kategori :