Dalam Sehari, Kebakaran Lahan Terjadi di Dua Desa di Kabupaten Batanghari

Selasa 19-09-2023,18:02 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co Batanghari - Titik api akibat kasus kebakaran hutan dan lahan sampai saat ini masih ditemukan di wilayah Kabupaten Batanghari. Kali ini petugas gabungan yang terdiri dari pihak BPBD bersama Dinas Damkarmat dan Manggala Agni. Serta Anggota Tni dan pihak Kepolisian, menemukan dua titik api yang berkobar di lahan perkebunan milik warga di daerah setempat.

Berdasarkan rilis data Tim Reaksi Cepat Bpbd Kabupaten Batanghari, dua titik api ini ditemukan pada senin kemarin tepatnya 18 September 2023 di lokasi yang berbeda. Lokasi pertama petugas menemukan titik api di Desa Tanjung Marwo Kecamatan Muara Tembesi tepatnya sekitar Pukul 11.50 WI. Yakni di hamparan lahan perkebunan karet dan kelapa sawit milik warga setempat.

Kobaran api tersebut, diduga akibat kelalaian dari pemilik lahan yang melakukan aktivitas pembakaran sampah. Akibatnya, dari total luas lahan sekitar 1,5 hektar, sekitar setengah hektar diantaranya hangus terbakar.

Kemudian di lokasi berikutnya, petugas gabungan kembali menemukan titik api di Desa Singkawang Kecamatan Muara Bulian tepatnya sekitar pukul 16.10 wib. Dimana dari total luas lahan yang diperkirakan mencapai lima hektar, sekitar setengah hektar diantaranya hangus terbakar.

BACA JUGA:26 Kasus Kebakaran Membara di Batanghari

Hamparan lahan tersebut diketahui telah di steking lantaran terdapat pohon-pohon yang telah ditebang, dan sebagian lahan juga baru ditanami pohon kelapa sawit. Sehingga personil yang bertugas mengingatkan warga atau pemilik lahan, untuk tidak melakukan aktivitas pembukaan lahan dengan cara dibakar.

Kategori :