Dinas TPHP Klaim Tidak Ada Gagal Panen Akibat Kekeringan

Senin 18-09-2023,09:29 WIB
Reporter : Nur Pehatul Jannah
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co,  Kota Jambi - Di tengah kekeringan akibat Musim Kemarau di Provinsi Jambi nampak nya tidak berdampak pada hasil panen Petani. Dinas tanaman pangan Holtikultura dan peternakan (TPHP) mengklaim. Bahwa pada Musim Kemarau ini belum menerima laporan Petani yang mengalami gagal panen. 

Meski Kemarau panjang dan kekeringan melanda Provinsi Jambi, namun tidak memberikan dampak pada para Petani padi. Dimana  hingga pertengahan September ini masih belum ada laporan ke Dinas TPHP Kota Jambi terkait petani yang mengalami gagal panen. 

Justru saat ini, Sejumlah sentra produksi padi di Daerah seperti Kabupaten Tebo, Muaro Jambi, dan Batanghari dilaporkan dalam masa panen padi. 

Adapun nihilnya laporan gagal panen diperkirakan karena baiknya perhitungan masa tanam yang dilakukan para Petani. Selain itu, Banyak Petani yg menunda masa tanam karena air terbatas.

“Kami belom dapet laporan resmi, bahkan kami dapat laporan itu dari daerah tebo, muaro jambi, batanghari ini banyak panen. Jadi yang gagal panen itu belum ada mungkin belum ada laporan, masalahnya kami dapat informasikanada sebagian lahan yang tunda tanam karna air yang terbatas. Jadi tidak ada air hujan yang masuk ke lahan lahan sawah karna kering sehingga mengalmi tunda tanam. Jadi sekali lagi kami sampaikan untuk yang gagal panen belum dapat laporan. Belum ada laporan lahan padi yang gagal panen, teman - teman sudah membaca juga situasi kita perkirakan memasasuki bulan agustus - september sudah memasuki musim panen jadi dia sudah masuk jadwal karna dari awal. Mungkin kalau nanti ada informasi kami akan sampaikan lagi,” Ujar rumusdar Kepala Dinas TPHP Provinsi Jambi.

Sementara itu, berdasarkan catatan Dinas TPHP , luas lahan pertanian padi di Provinsi Jambi mencapai 71 Hektar, yang di dominasi oleh sawah tanah hujan dan sawah irigasi semi teknis.

Kategori :