Kualitas Udara Kembali Menurun Akibat Kabut Asap

Jumat 15-09-2023,09:15 WIB
Reporter : Agustri
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, KotaJambi - Kualitas udara di Kota Jambi kembali memburuk, Akibat kabut Asap kiriman dari Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumatra Selatan. BMKG pun menghimbau, agar warga Kota Jambi kembali menggunakan Masker saat beraktifitas diluar ruangan.

Berdasarkan pantauan Alat milik badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Provinsi Jambi, kualitas udara di kota Jambi kembali memburuk dan berada di angka 59 Mikrometer perkubik, terutama di pagi hari.

Menurut BMKG, kabut asap yang menyelimuti Kota Jambi ini berasal dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Sumatra Selatan, yang terbawa angin hingga ke Kota Jambi. Selain itu Asap dari Kabupaten Batanghari, Tebo dan Tanjung Jabung Barat, juga Menjadi penyumbang Kabut Asap yang terjadi per 14 september ini. Untuk itu warga diminta untuk dapat kembali menggunakan masker, Saat melakukan aktifitas diluar ruangan.

“Asap dari Wilayah Kota Jambi, kami dari BMKG juga memantau melalui alat PM2 setengah, Itu terpantau kwalitas udara pada pagi hari ini juga tidak sehat itu terpantau nilainya 59 Mikromreter. Tapi pagi ini untuk nilainya yang terpantau masih sekian kami berharap tidak naik seperti tanggal 6 lalu. Karna tanggal 6 lalu itu mencapai nilai Maksimum yaitu 122 Mikrometer,” Kata Annisa koordinator informasi dan data BMKG Provinsi Jambi.

Meski diselimuti Kabut Asap dipagi hari, Namun untuk jarak pandang masih diangka 5000 Meter dan tidak mengganggu penerbangan, BMKG berharap, Beberapa hari kedepan akan terjadi hujan hingga kabut asap dapat kembali hilang.

Kategori :