Tebo Kekurangan Pasokan Beras, Setiap Tahun Pasok Beras Luar Mencapai 7 Ribu Ton

Senin 11-09-2023,08:03 WIB
Reporter : Ade Putra
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Tebo – Produksi beras dengan jumlah konsumsi di Kabupaten Tebo tidak sebanding. Jumlah pasokan yang berasal dari petani lokal, belum mampu mencukupi kebutuhan semua masyarakat. Alhasil, setiap tahunnya Tebo selalu mengambil pasokan beras dari luar daerah.

 

Data dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tebo, jumlah beras yang diproduksi petani di Tebo setiap tahunnya hanya 28 Ribu Ton per tahun. Sementara, konsumsi masyarakat tebo setiap tahun mencapai 35 ribu ton. 

 

“Ketersediaan beras kita masih kurang, karena produksi kita di angka 28 ribu ton pertahun, sementara kebutuhan kita di atas 35 ribu ton pertahun. Untuk mencukupi kekurangan tersebut, kita memasok beras dari luar Jambi, seperti Lampung, Sumatera Barat dan sebagian lagi dari Sumatera Selatan,” ujar Nanang Suyatno, Kabid Tanaman Pangan pada Dinas TPH Sarolangun. 

BACA JUGA:Harga Beras Melonjak Naik, Rata-rata Kenaikan Bisa Mencapai Rp 10 Ribu

Disisi lain, pasokan beras untuk tahun ini yang berasal dari petani lokal, diprediksi akan mengalami gangguan. Pasalnya, pada periode tanam kedua, ada 2.980 hektar padi sawah yang ditanam, sedangkan yang terancam kekeringan luasnya mencapai 1.485 hektar. Jumlah kekeringan tersebut diprediksi akan terjadi, jika Kabupaten Tebo tidak hujan dalam kurun waktu 2 hingga 3 minggu kedepan.

 

Baca Juga Berita di Google News

Kategori :