Dampak Karhutla, Kabut Asap Mulai Terlihat di Batanghari

Rabu 06-09-2023,19:07 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melanda berbagai daerah di Provinsi Jambi tak terkecuali Kabupaten Batanghari, kini mulai berdampak terhadap kualitas udara. Bahkan secara kasat mata, kabut asap mulai terlihat menyelimuti daerah ini.

Kondisi ini juga tidak dipungkiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari, Zamzami. Menurutnya, kondisi ini tidak lain akibat kasus kebakaran lahan yang terus terjadi peningkatan di sejumlah Kabupaten dan juga Batanghari.

“Kalau kasat mata yang kita lihat, kita tidak bisa pungkiri. Memang indeks udara untuk sehat ini nggak meningkat. Maklum sekarang musim kemarau panjang, dan banyaknya terjadi kebakaran-kebakaran hutan dan laha,” katanya.

Dengan kondisi ini, Zamzami juga telah menginstruksikan petugas laboratoriun untuk memasang alat pengukur kualitas udara. Upaya ini dilakukan untuk memastikan apakah indeks udara masih dalam kondisi normal atau justru telah tercemar.

“Berapa kenaikannya, apakah masih bisa dikatakan dalam kategori sehat atau tidak. Nanti beberapa hari kedepan kami bisa memastikan berapa indeks udara yang ada di Muara Bulian dan sekitarnya,” ungkapnya.

Dengan demikian, jika dari hasil pemantauan tersebut nantinya kualitas udara dinyatakan dalam kategori tidak sehat, atau sudah dalam kondisi tercemar. Maka Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari akan menerbitkan imbauan kepada masyarakat, untuk melakukan berbagai upaya antisipasi agar tidak berdampak terhadap kesehatan.

Kategori :