Satgas Karhutla Jambi Lakukan Hujan Buatan Untuk Atasi Kekeringan

Kamis 24-08-2023,08:10 WIB
Reporter : Yasri Nurhadi
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Jambi – Satuan Tugas (Satgas) penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi, melakukan rekayasa Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk menghasilkan hujan buatan. Modifikasi cuaca ini dilakukan, mengingat kondisi panas berkepanjangan yang mengakibatkan kekeringan di sejumlah wilayah di Provinsi Jambi.

 

Sekretaris BPBD Muaro Jambi, Dodi Dorista mengatakan, modifikasi cuaca  ini dilakukan selama beberapa hari, oleh pasukan TNI Angkatan Udara, BNPB Pusat dan BPBD. Pesawat diterbangkan dari bandara di Provinsi Sumatera Selatan, makanya terjadi hujan di beberapa wilayah.

 

“Hujannya memang tidak begitu merata, hujannya pun hanya sebentar karena memang dipengaruhi TMC tadi,” ujar Dodi Dorista, Sekretaris BPBD Muaro Jambi.

 

Sebelumnya, Sekda Provinsi Jambi Sudirman juga menjelaskan, proses penyebaran Garam di Langit Jambi diperpanjang agar hujan buatan berhasil dilakukan. Sudirman mengatakan, TMC tersebut dilakukan melalui pesawat jenis Cessna C208 pada tanggal 15-21 Agustus 2023. Untuk satu kali penerbangan, pesawat tersebut mengangkut dan menebar 16 ton garam.

 

"Memperpanjang modifikasi cuaca jika cuaca semakin ekstrem dengan melakukan aktivitas teknologi modifikasi cuaca (TMC) agar hujan buatan di Provinsi Jambi berhasil, dan buktinya beberapa hari lalu terjadi hujan dengan intensitas ringan. Jadi, akhir-akhir ini terjadi hujan itu karena TMC," ujar Sudirman.

 

Melihat kondisi cuaca yang masih panas dan kian berpotensi mengakibatkan kekeringan, Sekda Sudirman mengaku, bisa saja TMC akan diperpanjang dengan sasaran kabupaten yang ditemukan titik api. Selain mengatasi kekeringan, hujan buatan diharapkan dapat mendinginkan lahan, khususnya lagan gambut.

 

"Paling tidak kegiatan modifikasi cuaca ini bisa membasahi areal lahan gambut, sehingga tidak terlalu kering dan tidak menjadi bahan baku yang memicu kebakaran hutan dan lahan," pungkas Sekda.

 

Kategori :