Semarak HUT ke-78 RI, Ribuan Masyarakat Batanghari Saksikan Pawai Pembangunan

Sabtu 19-08-2023,19:08 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Berbagai kegiatan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Batanghari dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Bahkan ribuan Masyarakat khususnya di Kabupaten Batanghari, antusias menyaksikan Pawai Pembangunan, Sabtu pagi (19/08/2023).

Meski kondisi cuaca cenderung terik, masyarakat terlihat tetap semangat untuk menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut. Mereka tampak memadati kawasan Kota Muara Bulian. Tepatnya di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Sultan Thaha, hingga di sepanjang Jalan Prof. Dr. Sri Soedewi.

Andika Primadani, Warga Muara Bulian mengaku sangat antusias menyaksikan pawai yang diadakan Pemkab Batanghari. Aksi ini menurutnya menjadi salah satu bentuk semangat kemerdekaan bagi masyarakat khususnya para pemuda di daerah setempat.

“Untuk Perayaan hari kemerdekaan di tahun ini, kayaknya sudah sangat luar biasa. Kita lihat sendiri, banyak masyarakat yang berdatangan. UMKM-UMKM dan para pedagang kaki lima juga kita lihat turut terbantu dengan adanya kegiatan ini,” ujarnya.

Andika pun berharap, semangat hari kemerdekaan ini dapat memacu kinerja Pemerintah Daerah setempat untuk membangun Kabupaten Batanghari menjadi lebih maju dan berkembang lagi kedepannya.

“Bagi saya di bidang kepemudaan juga penting untuk di motivasi semangatnya agar lebih kreatif. Terutama dalam memanfaatkan era digital, dan memperbanyak lagi lapangan pekerjaan,” kata Andika.

Sementara itu, dengan semangat kemerdekaan, para peserta yang terdiri dari para Pelajar, Mahasiswa, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) maupun kepemudaan, dan seluruh Instansi pemerintahan, maupun unsur forkopimda. Juga tampak semangat mengikuti rangkaian kegiatan pawai tersebut.

Mereka bergerak dari lapangan Garuda Muara Bulian, dan berakhir pada titik finish di depan Rumah Dinas Bupati Batanghari. Di lokasi ini, peserta disambut oleh Bupati MHD. Fadhil Arief beserta istri Zulva Fadhil. Maupun para pejabat di lingkup Pemerintah Daerah setempat, dan unsur Forkopimda.

Pada kesempatan itu, Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief mengaku sangat bangga dengan antusias masyarakat. Hal ini menurutnya menjadi salah satu bukti, jika kepedulian masyarakat semakin meningkat.

“Semua yang ikut pawai, ini tidak ada paksaan dan tidak ada undangan. Cuma diumumkan saja, siapa yang minat silahkan daftarkan diri. Alhamdulillah, jumlah peserta yang ikut sangat banyak, dan ini perlu kita tumbuhkan terus di Kabupaten Batanghari,” kata Mhd. Fadhil Arief.

Orang Nomor Satu di Bumi Serentak Bak Regam ini juga mengungkapkan, kegiatan di hari kemerdekaan ini juga menjadi salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk mempromosikan berbagai kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan, dan dapat dinikmati masyarakat. Seperti Taman Tapah Malenggang dan Alun-Alun di kawasan Lapangan Garuda Muara Bulian.

“Untuk mempromosikannya, perlu ada event. Event-event seperti ini, sehingga orang Batanghari dan luar Batanghari tahu. Bahwa ada spot-spot, tempat-tempat yang nyaman untuk didatangi. Dulu sabtu minggu sepi, saat ini sudah ramai. Dulu yang malamnya gelap, sekarang sudah terang dan ramai dikunjungi orang. Pemantik ini yang kita harapkan agar ekonomi semakin baik,”ungkapnya.

Tidak hanya pawai gerak jalan yang juga diiringi peserta drum band. Dalam pawai pembangunan ini juga terlihat dimeriahkan dengan berbagam penampilan dari peserta dengan pakaian adat, maupun tradisional. Serta atraksi dari perguruan pencak silat, maupun sejumlah peguyuban, hingga iringan kendaraan hias yang identik dengan budaya lokal.

Kategori :