Karhutla di Batanghari Meluas, 93,6 Hektar Lahan Sudah Hangus Terbakar

Jumat 18-08-2023,19:30 WIB
Reporter : Pirdana Atrio
Editor : Bahtiar AB

Jambitv.co, Batanghari - Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di wilayah Kabupaten Batanghari sudah semakin meluas. Bahkan terhitung hingga saat ini, total luas lahan yang sudah terbakar terdata mencapai 93,6 hektar.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Batanghari, kasus kebakaran ini meningkat signifikan selama Bulan Agustus Tahun 2023 ini. Mayoritas lahan yang terbakar diketahui masih dalam keadaan kosong. Dan diduga baru dibuka dengan cara dibakar oleh pemlik lahan.

“Kalau untuk per Agustus itu kita temukan di Desa Hajran Kecamatan Bathin 24 itu kurang lebih 30 hektar. Kalau keseluruhan dari juli sampai agustus ya itu 93,6. Kalau juli kemarin 18,1 dan di agustus 75,5, jadi jumlah keseluruhan ada 93,6,” Kata Santi Kasi Kedaruratan dan Logistiik BPBD Batanghari.

Kasus kebakaran ini mayoritas terjadi di Kecamatan Muara Bulian dan Kecamatan Bathin 24. Dengan demikian, pihak BPBD kembali mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan. Apalagi ditengah kondisi musim kemarau seperti saat ini.

Kategori :