Bendera Indonesia Sama Dengan Monako, Apa Perbedaanya ???

Rabu 16-08-2023,20:21 WIB
Reporter : Ade Putra
Editor : Ade Putra

Jambitv.co, Jambi - Merah Putih menjadi warna abadi yang dimiliki bangsa Indonesia, sebagai Bendera Pusaka Negara. Namun ternyata, bukan hanya Indonesia yang memiliki Bendera DwiWarna Merah Putih. Jika dilihat sekilas, Bendera Indonesia akan sama Persis dengan Bendera Negara Monako.

 

Bagian atas sama-sama berwarna Merah, dan bagian bawah berwarna Putih. Cukup sulit mencari perbedaan bendera Indonesia dan Bendera Monako ini. 

 

Perbedaan yang paling mendasar adalah dari segi dimensinya rasionya. Bendera Indonesia memiliki rasio lebar dan panjang 2 banding 3, sedangkan Monako menggunakan rasio 4 banding 5. Hal ini membuat bendera Indonesia tampak lebih panjang dan ramping dibandingkan dengan bendera Monako. Bendera Monako tampak lebih lebar dan mendekati bentuk persegi.

 

Persamaan bendera kedua negara ini bahkan sempat menjadi perdebatan pelik antara kedua negara. Bendera merah putih Monako pertama kali dipatenkan pada 4 April 1881 di masa Pangeran Charles III. Sementara, bendera Indonesia secara resmi menjadi bendera negara pada 17 Agustus 1945. 

 

Atas persamaan ini, negara Monako sempat meminta Indonesia mengubah warna bendera karena merasa mereka lebih dulu menggunakannya. Namun pemerintah Indonesia menolak karena pemilihan warna ini berdasarkan sejarah panjang di masa lalu. Warna merah putih terinspirasi dari bendera Kerajaan Majapahit yang sudah ada jauh sebelum kerajaan Monako terbentuk.

 

Pada akhirnya Indonesia dan Monako bersepakat terkait persamaan kedua bendera merah putih tersebut. Mereka bersepakat meletakkan dimensi rasio sebagai pembeda paling mendasar antara bendera kedua negara.

Kategori :